CONTOH SURAT KUASA KHUSUS KASUS HUKUM PERDATA

Kali ini admin postingkan contoh surat kuasa khusus silahkan simak di bawah ini.


SURAT KUASA KHUSUS
No: 03/SKK/IV/2013


Yang bertanda tangan di bawah ini :

  1.  __________ bin/binti _________ umur ___ tahun, beragama ___, pekerjaan ___, bertempat tinggal di _____ Alamat lengkap _______, sebagai PENGGUGAT I.
  2.  _____ bin/ binti ___________ umur ___ tahun, beragama _____, Pekerjaan ______, bertempat tinggal di ________ alamat lengkap ______, sebagai PENGGUGAT II.

Bersama ini memberi kuasa dengan hak substitusi kepada dan selanjutnya memilih tempat kediaman hukum pada kantor kuasanya, yang tersebut dibawah ini :

Nuruddin Ahmad, SH. MH, berkantor di _________________________.

—————————–KHUSUS—————————-
Untuk mewakili pemberi kuasa sepenuhnya sebagai PENGGUGAT dalam perkara perdata kewarisan di Pengadilan Agama kota Rembang, melawan:
______  bin/binti ________ , umur ___  tahun, beragama ____, pekerjaan ____, bertempat tinggal __________ Alamat lengkap _____________ sebagai TERGUGAT.
  1. Untuk itu menerima kuasa membela hak-hak dan mengurus kepentingan-kepentingan pemberi kuasa tentang perbuatan melawan hukum, sehubungan dengan upaya  penghalangan hak Penggugat untuk mendapatkan hak waris yang dilakukan oleh Tergugat yang mana harta warisan di ambil alih oleh Tergugat sepenuhnya;
  2. Penerima kuasa boleh bertindak dalam hal hukum terhadap setiap orang dan dalam segala persoalan yang berhubungan dengan perkara ini, memiliki tempat kediaman hukum (domicilie), menghadap hakim dan pembesar instansi Pemerintah;
  3. Penerima kuasa boleh berperkara ke muka Pengadilan Negeri mengajukan gugatan, memberikan jawaban, mengajukan dan menolak saksi-saksi, menerima dan menolak perdamaian, memohon keputusan dan turunan keputusan Pengadilan Negeri, memohon supaya keputusan Pengadilan Negeri dijalankan;
  4. Penerima kuasa boleh membuat dan menandatangani surat dan melakukan segala apa yang perlu dan berguna untuk kepentingan pemberi kuasa, asal tidak dilarang atau bertentangan atau melanggar Undang-Undang dan bila perlu penerima kuasa dapat memindah tangankan kekuasaannya itu sebagian atau sepenuhnya kepada orang lain (hal substitusi) dengan hak untuk menarik kembali pemindahan kuasa yang telah diberikan itu;
  5. Penerima kuasa boleh melakukan upaya hukum dari pengadilan tingkat pertama sampai dengan tingkat kasasi demi membela hak-hak dan kepentingan pemberi kuasa, sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
Demikian surat kuasa ini diberikan dengan hak retensi dan tidak dapat dicabut kembali tanpa persetujuan tertulis dari penerima kuasa.
                           Rembang, DD   MM  YYYY
Penerima Kuasa                              Pemberi Kuasa I                               Pemberi Kuasa II                

    Demikianlah yang saya bagikan mengenai contoh surat kuasa khusus semoga bermanfaat.