Blog Tentang Bacaan Al Qur'an, Doa - Doa, Tata Cara Ibadah, Contoh Surat, Makalah, Skripsi, Proposal, Pidato, Puisi, Kata Mutiara dan Artikel.

Jumat, 09 Januari 2015

Langkah - langkah Menyusun Skripsi Akhir yang Benar

Langkah Cara Menyusun Skripsi Akhir Baik dan Benar – nie buat mahasiswa semester akhir yang sedang empot-empotan dengan skripsi, pastinya sih kadang skripsi bikin kita pusing, apalagi dosen pembimbing yang kadang mintanya macem macem, bikin kami stress, tapi jalani sajalah, pasti lambat waktu skripsi juga pasti kelar kalau kami bersemangat.


Langkah Langkah Menyusun Skripsi

1. Siapkan Diri. Hal pertama yang gawat dilakukan ialah persiapan dari diri Anda sendiri. Niatkan bagi Tuhan bahwasanya Anda ingin menulis skripsi. persiapkan segalanya dengan baik. Lakukan dengan penuh kesungguhan dan juga bagaimanapun juga ada kesediaan untuk mengalami tantangan/hambatan seberat apapun.
2. Minta Doa Restu. Saya percaya bahwa zikir restu orang tua adalah tiada duanya. Kalau Anda tinggal bersama orang tua, mintalah pengertian kepada mereka dan anggota keluarga lainnya bahwa selama beberapa waktu ke depan Anda akan fokus untuk menulis skripsi. Kalau Anda tinggal di kos, tagih pengertian dengan teman-teman lain. Jangan lupa juga untuk menciptakan komitmen dengan soulmate. Berantem dengan belahan jiwa (walau sepele) bisa menjatuhkan semangat untuk menyelesaikan skripsi.
3. Buat Time Table. Ini krisis supaya penulisan skripsi tidak telalu time-consuming. Buat planning yang niscaya mengenai kapan Anda mencari referensi, kapan Anda harus mendapatkan judul, kapan Anda melakukan bimbingan/konsultasi, juga target dikala kapan skripsi harus sudah benar-benar selesai.
4. Berdayakan Internet. Internet memang membuat kita makin produktif. Manfaatkan untuk mencari referensi secara cepat dan tepat untuk mendukung skripsi dikau. Bahan-bahan aktual bisa ditemukan lewat Google Scholar atau melalui provider-provider komersial sebentuk EBSCO atau ProQuest.
5. Jadilah Proaktif. Dosen pembimbing memang “bertugas” membimbing Anda. akan tetapi, Anda tidak selalu bisa menggantungkan segalanya pada dosen pembimbing. Selalu bersikaplah proaktif. dimulai dari menguber topik, mengumpulkan bahan, “mengejar” untuk bimbingan, maupun seterusnya.
6. Be Flexible. Skripsi mempunyai tingkat “ketidakpastian” tinggi. Bisa saja skripsi elo sudah setengah jalan tetapi dosen pembimbing meminta Anda untuk mengganti topik. Tidak invalid dosen Anda tiba-tiba membatalkan janji untuk bimbingan pada waktu yang sudah disepakati sebelumnya. umumnya Anda merasa bahwa kesimpulan/penelitian Anda sudah benar, tetapi dosen Anda merasa sebaliknya. Jadi, tetaplah fleksibel dan enggak usah merasa sakit hati dengan hal-hal yang demikian itu.
7. Jujur. semestinya jangan menggunakan jasa “pihak ketiga” yang akan mendukung membuatkan skripsi untuk Anda atau menolong dalam mengolah data. Skripsi adalah buah tangan engkau sendiri. Kalau dalam perjalanannya Anda benar-benar tidak tahu atau menghadapi kesulitan besar, sampaikan saja kepada dosen pembimbing Anda. jikalau disampaikan dengan tulus, pastilah dengan senang hati beliau akan membantu Anda.
8. Siapkan fulus. Skripsi terbukti menghabiskan dana yang lumayan lumayan (dengan asumsi gak ada sponsorships). Mulai dari akses internet, modal cetak mencetak, ongkos suplai kuesioner, ongkos bagi membeli suvenir bagi responden penelitian, dana transportasi menuju tempat responden, dan sebagainya. Jangan sampai penulisan skripsi macet hanya risiko kehabisan modal. Ironis kan?
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top