Contoh Penulisan Abstrak Skripsi / Tugas Akhir

Contoh Abstrak Skripsi Tugas Akhir dalam jurusan Kesehatan, Hukum, Manajemen, Pendidikan Matematika, dan Akuntansi, serta berbagai jurusun saperti Sistem Informasi, Administrasi Negara, Administrasi Niaga, Akuntansi, Bahasa Inggris, Ekonomi Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Fisika, Hukum Pidana, hukum Perdata, Hukum tata Negara, Ilmu Tanah, teknik Informatika, Mutimedia, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Eklektro, Komunikasi, Manajemen Keuangan, Kimia, Biologi, bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pertanian, Peternakan, Arsitektur, Kebidanan, Psikologi, Kedokteran. Sengaja saya berikan contoh abstak dalam skripsi dari berbagai skripsi dan berbagai model pembuatan abstrak agar sahabat semua tidak bingung dalam menentukan modelnya, akan tetapi nantinya tergantung pada dosen pembimbing jika mereka menginginkan model abstrak dalam skripsi yang bagaimana, tinggal di kerjakan saja apa yang diinginkannya (ketika terjadi hal yang seperti ini)

 

Abstrak dalam skripsi ini saya ambil dari skripsi yang sudah di ACC kan semoga dengan adanya Contoh Abstrak Tugas akhir berbagai jurusan ini dapat dijadikan referensi dalam membuat Abstrak dalam skripsi yang akan anda susun

 

Contoh Abstrak Skripsi Tugas Akhir Kesehatan

ABSTRAK

 Hubungan Kejadian Partus Prematur dengan Paritas 

di Kamar Bersalin RSUD Gambiran Kota sarjanaku.com

Periode 1 Januari - 31 Desember 2007

 

Peneliti : .......

Pembimbing I :

Pembimbing II:

Partus prematur merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas perinatal di seluruh dunia. Janin yang  lahir secara prematur mempunyai risiko komplikasi yang sangat tinggi. Penyebab partus prematur masih sulit ditentukan namun masih dapat diidentifikasi diantaranya paritas. Pada tahun 2005 kejadian partus prematur di Indonesia sekitar 19 % dimana 20 % kelahiran tersebut banyak dialami oleh ibu dengan paritas tinggi. Penelitian Agustina tahun 2005 di RSUD dr. Soetomo Surabaya menyebutkan bahwa wanita yang telah melahirkan lebih dari tiga kali mempunyai risiko 4 kali lebih besar mengalami partus prematur bila dibandingkan dengan paritas yang kurang dari tiga. Oleh karena itu peneliti ingin meneliti tentang Hubungan Kejadian Partus Prematur dengan Paritas di RSUD Gambiran.

Desain Penelitian yang digunakan adalah korelasi retrospektif dengan menggunakan data pasien yang terdapat  dalam Buku Laporan Harian. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh ibu  bersalin yang melahirkan di Kamar Bersalin RSUD Gambiran Kota Kediri  periode 1 Januari – 31 Desember 2007 sejumlah 637 kasus persalinan. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh.

Hasil penelitian didapatkan 637 kasus kelahiran bayi dengan 55 kasus merupakan partus prematur sedangkan  sisanya persalinan aterm (85,24%) dan postdate (6,12%). Partus prematur banyak terjadi pada ibu dengan paritas tinggi (nullipara, primipara) sebanyak 70,91% sedangkan ibu dengan paritas rendah sebanyak 29,09% (multipara, grandemultipara).

Hasil penelitian diperoleh X2 hitung sebesar 35,74, pada taraf signifikansi 0,05  dan df (degree of freedom) = 1, nilai tersebut lebih besar dibanding nilai X2 tabel. Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak yang berarti ada hubungan kejadian partus prematur dengan paritas.

Kata Kunci: Partus Prematur,  Paritas 

 

 Contoh Abstrak Skripsi Tugas Akhir Hukum

ABSTRAK


Adanya aturan hukum mengenai pelaksanaan pembebanan Hak Tanggungan dalam suatu perjanjian kredit bertujuan untuk memberikan kepastian dan perlindungan hukum bagi semua pihak dalam memanfaatkan tanah beserta benda-benda yang berkaitan dengan tanah sebagai jaminan kredit. Untuk itu, praktik pengikatan kredit dengan jaminan Hak Tanggungan dalam kegiatan dalam kegiatan perbankan hendaknya dapat pula dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah diatur dalam UUHT. Permasalahan yang akan diteliti adalah mengenai tata cara pelaksanaan pemberian kredit dengan jaminan Hak Tanggungan pada PD BPR BKK Tengaran, serta hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pemberian kredit dengan jaminan Hak Tanggungan beserta cara mengatasinya.

Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  hukum ini  adalah     metode pendekatan yuridis sosiologis, yaitu penelitian yang menekankan pada ilmu hukum dan berusaha menelaah kaidah-kaidah hukum yang berlaku dalam masyarakat. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah PD BPR BKK Tengaran yang berada di Kabupaten Semarang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik non random sampling, karena tidak semua unsur dari populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi wakil dari populasi. Jenis sampel yang digunakan adalah purposive  sampling, yaitu penelitian dengan menggunakan pertimbangan dalam menentukan sampel berdasarkan pengetahuan yang cukup serta ciri-ciri tertentu yang berhubungan dengan permasalahan penelitian.

Dari penelitian yang dilakukan pada PD PBR BKK Tengaran diperoleh hasil mengenai tata cara pelaksanaan pemberian kredit dengan jaminan Hak Tanggungan yang meliputi pemberian kredit oleh PD BPR BKK Tengaran yang menimbulkan hak dan kewajiban antara kedua belah pihak (kreditur dan debitur), pembuatan Akta Pemberian Hak Tanggungan yang bertujuan untuk menjamin kepastian hukum terhadap hak atas tanah yang dibebani Hak Tanggungan, pendaftaran Akta pemberian Hak Tanggungan  dimaksudkan untuk mendapatkan kepastian hukum antara pihak kreditur sebagai pemegang Hak Tanggungan dan pihak debitur sebagai pemberi Hak Tanggungan serta mudah dan pasti pelaksanaan eksekusinya, serta hambatan-hambatan yang dihadapi oleh PD BPR BKK Tengaran dan cara mengatasinya. Hambatan-hambatan tersebut adalah mengenai tanaha yang belum bersertifikat dijadikan sebagai jaminan kredit cara mengatasinya adalah dengan memberikan kredit kepercayaan (kredit tanpa jaminan) dan upaya yang dilakukan PD BPR BKK Tengaran dalam mengatasi kredit macet antara lain dengan melakukan pelelangan terhadap benda jaminan debitur dan restrukturisasi kredit. Dari hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan yaitu kredit perbankan mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang perekonomian terutama praktik pengikatan jaminan kredit dengan jaminan Hak Tanggungan yang bertujuan untuk memberikan jaminan kepastian hukum antar kedua belah pihak.

Key words: Kredit, Jaminan, Hak Tanggungan.

 Contoh Abstrak Skripsi Tugas Akhir Manajemen

ABSTRAK


Suhardiman Halim. 2006. Pengaruh Penerapan Kinerja Bauran Pemasaran Terhadap Pembentukan Loyalitas Pelanggan Pada Butik Busana Muslim Shafira Jalan Sulanjana 28 Bandung. Dibimbing oleh tulis nama pembimbing I dan II disini


Pelaksanaan kinerja bauran pemasaran di butik busana Muslim adalah setiap tindakan pelaksanaan penjualan yang diberikan pihak manajemen butik kepada pelanggannya yang memerlukan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan proses pengenalan, transaksi, dan kepuasan hasil yang dibutuhkan terhadap produk dan jasa yang ditawarkan. Beberapa hal bentuk kinerja bauran pemasaran yang diterapkan oleh PT Shafira Laras Persada jalan Sulanjana 28 Bandung, sebagai realisasi misi Shafira, adalah dengan menerapkan sistem segmentasi pasar bagi kalangan tertentu dalam penentuan produk, harga, tempat, serta kebijakan promosi. Kinerja bauran pemasaran yang diterapkan pihak manajemen butik dapat didefinisikan sebagai jenis-jenis kinerja yang diberlakukan untuk memberikan pelayanan pada para pelanggannya agar dapat menciptakan tingkat loyalitas yang tinggi.

Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat tanggapan pelanggan Shafira terhadap kinerja bauran pemasaran yang telah diterapkan oleh Shafira, guna memperoleh informasi mengenai perolehan tingkat loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey yang bersifat deskriptif verifikatif, yang bertujuan memberikan umpan balik terhadap pelaksanaan kinerja bauran pemasaran yang dilakukan pihak manajemen Shafira dengan menggunakan tanggapan para pelanggannya sehingga dapat memberikan gambaran terhadap fakta yang ada. Variabel kinerja bauran pemasaran yang diteliti adalah produk, tempat, harga, dan promosi. Data dari 72 kuesioner yang disebarkan kepada para pelanggan Shafira menjadi sumber data primer.

Berdasarkan analisis tingkat loyalitas pelanggan terhadap pelaksanaan kinerja bauran pemasaran Shafira yang sebenarnya, dapat disimpulkan bahwa penerapan kinerja bauran pemasaran di PT. Shafira Laras Persada 28 Bandung sudah diterapkan dengan baik. Hal ini terlihat pada tanggapan positif responden untuk setiap indikator dari sub variabel kinerja bauran pemasaran. Tingkat loyalitas pelanggan pun tergolong tinggi yang ditunjukkan oleh kriteria jawaban responden pada tingkat keyakinan yang tinggi terhadap indikator loyalitas. Dengan tingkat keyakinan 95 % dihasilkan nilai uji analisis statistik yang menunjukkan bahwa penerapan kinerja bauran pemasaran produk busana Muslim Shafira mempengaruhi proses pembentukan loyalitas pelanggannya sebesar 94,5% dan sisanya sebesar 5,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

 Contoh Abstrak Skripsi Tugas Akhir Manajemen Dalam Bahasa Inggris

ABSTRACT


Suhardiman Halim. 2006. Influence of Applying Performance Marketing Mix To Forming of Customer Loyalty at Dress Boutique Moslem of Shafira Sulanjana Street 28th Bandung. Guided by tulis nama pembimbing I dan II disini


Execution of marketing mix performance in dress boutique Moslem is every action execution of sales given by the boutique management to its customer which need freshment and amenity in process recognition, transaction, and satisfaction of required result to service and product which on the market. Several things form marketing mix performance applied by PT Shafira Laras Persada Sulanjana street 28th Bandung, as mission realization of Shafira, is by applying market segmentation system to certain circle in determination of product, price, place, and also policy of promotion. applied by marketing mix performance boutique management can be defined as performance types gone into effect to give service to all its customer so that can create storey level of high loyalty.

This research is meant to see comments customer of Shafira to marketing mix performance which have been applied by Shafira, utilize to get information concerning acquirement of storey level of customer loyalty. The research method used is method research of survey having the character of is descriptive verifikatif, with aim to give feed back to execution of conducted by marketing mix performance management of Shafira by using comments to all its customer so that can give picture to existing fact. Performance marketing mix variable the checked is product, place, price, and promotion. Data from 72 responden kuesioner to all customer of Shafira become the source of primary data.

Pursuant to analysis mount of customer loyalty to execution of marketing mix performance of Shafira which in fact, can be concluded that applying of marketing mix performance in PT. Shafira Laras Persada 28th Bandung have been applied better. This matter seen at positive comments of responden to every indicator of marketing mix performance sub variable. Mount of customer loyalty even also pertained high posed by responden answer criterion at high confidence storey level to indicator of loyalty. With confidence storey level 95 % yielded by statistical analysis test value which indicate that applying of product marketing mix performance dress Moslem of Shafira influence process forming of its customer loyalty equal to 94,5% and the rest equal to 5,5% influenced by other factor.

Contoh Abstrak Skripsi Tugas Akhir Pendidikan Matematika

ABSTRACT

 APPLICATION OF MATHEMATICS LOGIC
IN COMPILATION OF ELECTRICS NETWORK

By :
 sarjanaku.com
 99434204


At this skripsi is conversed to hit the application of mathematics logic specially logic of algebra Boolean in compilation of electrics network, namely in the switching circuits and digital circuits.
Algebra Boolean represent a way of newly to think, a way of newly to explain the matters by using notations in the place of words in reaching logic conclusion.

Application of Algebra Boolean in the switching circuits is used to determine a current emiting stream of through/ passing the circuit, and alter the switching circuits in the form of symbolic and also compile the circuit in such a way that become more simple. Application in digital circuit is alter the circuit in the form of equation Boolean and determine the way of job a circuit.

Key words: Logic, Electrics network, and Circuit digital

Contoh Abstrak dalam Skripsi Tugas Akhir Akuntansi

 ABSTRAK


Sanjaya Yasin
B1B01004
Analisis Pengaruh Dana Perimbangan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Disparitas Pendapatan Antar Daerah Pasca Desentralisasi Fiskal di Indonesia
x +113 halaman ; 22 tabel ; 8 grafik ; 4 lampiran ; 2005


Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh dana perimbangan yang merupakan inti dari pemberlakuan desentralisasi fiskal terhadap pertumbuhan ekonomi dan disparitas pendapatan antar daerah di Indonesia pada periode tahun 2001 sampai 2003. Penelitian menggunakan analisis panel data dengan model regresi fixed effect dan metode Generelized Least Square (GLS).

Dana perimbangan terdiri dari dana bagi hasil pajak, dana bagi hasil sumber daya alam, dana alokasi umum, dan dana alokasi khusus. Implikasi dari financial sharing, pemerintah pusat memberikan bagi hasil pajak dan bagi hasil sumber daya alam pada daerah yang bertujuan untuk mengurangi ketimpangan vertikal. Distribusi sumber daya alam dan pajak tidak merata disemua daerah. Oleh sebab itu, pemerintah pusat memberikan dana alokasi umum yang bertujuan untuk fiscal equalizations dan mengurangi kesenjangan antar daerah. Pemerintah pusat juga memberikan dana alokasi khusus pada daerah yang dianggap kurang mampu membiayai kegiatannya dari penerimaan daerahnya sendiri.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Kebijakan desentralisasi fiskal di Indonesia mendorong pertumbuhan ekonomi daerah tetapi nilai pertumbuhan yang dihasilkan relatif rendah. (2) Dana bagi hasil pajak meningkatkan disparitas antar daerah sedangkan dana alokasi umum yang berfungsi sebagai pemerata fiskal belum berpengaruh dalam meminimalisasi disparitas pendapatan antar daerah.

ABSTRACT


Sanjaya Yasin

B1B01004
Analysis of Intergovernmental Transfer Effect on Economic Growth and Region Income Disparity After Fiscal Decentralization in Indonesia
x + 113 pages ; 22 tables ; 8 graphics ; 4 appendixes ; 2005


The main objective of this study is to determine the effect of intergovernmental transfer which is the main of  fiscal decentralization on economic growth and region income disparity in Indonesia at period from 2001 until 2003. This study used panel data analysis with fixed effect regression model and Generelized Least Square (GLS) method.

Intergovernmental transfer contains tax revenue sharing, natural resources revenue sharing, general allocation fund, and specific allocation fund. The implication of financial sharing, central government grant tax revenue sharing and natural resources revenue sharing for region to minimize vertical imbalance. Natural resources and tax distribution in all region was not equal. Hence, central government grant general allocation fund for fiscal equalizations and minimize region disparity. Central government also give specific allocation fund to region which can not afford the activity from their own revenues.

The results of this study are: (1) Fiscal decentralization policy in Indonesia gives a strong effect on region economic growth but the growth value is relatively small. (2) Tax revenue sharing increase region income disparity, while general allocation fund for fiscal equalizations not yet effects in minimizing region income disparity.

 

 

Catatan : Dalam penulisan Abstrak tidak boleh lebih dari satu halaman