Blog Tentang Bacaan Al Qur'an, Doa - Doa, Tata Cara Ibadah, Contoh Surat, Makalah, Skripsi, Proposal, Pidato, Puisi, Kata Mutiara dan Artikel.

Senin, 02 Februari 2015

Contoh Pidato Generasi Pemuda Masa Depan Bangsa

Asslamualaikum wr.wb

Dewan juri yang saya hormati

Dan teman-teman sekalian yang saya banggakan

Puji dan syukur kita panjatkan khadirat allah swt karena berkat rahmat dan hidayahnyalah sehinggah kita bisa berada di tempat ini.salam dan sholat lawat tetap tercurahkan kepada baginda nabi muhammad saw nabi yang telah membawa begitu banyak perubahan di muka bumi ini.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbicara sedikit mengenai “muharram dan kebangkitan generasi muda islam”. Berbicara mengenai muharram dan generasi muda islam merupakan hal yang sangat urgent atau penting untuk di perbincangkan mengapa ? karena hal ini menyangkut tentang bagimana nasib dari agama dan bangsa ini di masa yang akan datang. Ada sebuah kutipan singkat yang memiliki makna begitu luar biasa “Berikan aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya … Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia” sebuah ungkapan yang pernah di sampaikan oleh bung karno seorang orator ulung yang sudah di kenal dunia kebanggan bangsa indonesia.

Hadirin sekekalian yang saya hormati

Jika kita melirik dari ungkapan singkat yang di utarakan oleh bung karno dapat kita lihat jelas betapa pentingnya arti dan peran pemuda bagi bangsa dan negara ini. Betapa di harapakannya mereka untuk mampu mendongkrak bangsa ini ke era yang lebih baik. Oleh karena itu melalui moment penyambutan muharram ini mari saling bergandeng tangan dan saling

untuk terus maju dan maju. Jadikan awal tahun baru islam ini sebagai momentum awal dari kebangkitan generasi muda islamin, kebangkitan dari keterpurukan moral,keterpurukan jiwa dan keterpurukan hati.Mari wujudkan kehidupan yang damai dan tentram tanpa adanya perselisihan.

Hadirin sekalian yang saya hormati

Kesempatan yang sama tidak akan pernah datang untuk yang kedua kalinya hanya sekali dalam hidup seseorang menjadi pemuda lakukanlah semua hal yang ingin diperbuat jangan pernah gentar karena nasib agama dan bangsa di masa depan kini ada di pundak para pemuda saat ini . Tidak akan berubah nasib suatu kaum sebelum kaum itu sendiri merubah nasibnya itulah kalimat yang sangat sering terngiang di telinga kita semua. Akan kah itu hanya menjadi sebuah kalimat saja? Itu tergantung dari bagaimana respon para pemuda melihat perkembangn bangsa ini. Tahukan anda siapa pemuda yang dari tadi saya maksudkan itu ? tak lain dan tak bukan adalah kita semua para pelajar bangsa indonesia yang sedang genjar-genjarnya menuntut ilmu belajar siang dan malam untuk kelulusan dalam suatu ujian tetapi jika ilmu yang kita tuntut selama ini hanya di pergunakan saat ujian itu sama hal nya semua yang kita lakukan sia-sia. Gunakanlah ilmu yang kalian miliki untuk kemaslahatan bersama. Lakukan semua hal yang kalian ingin lakukan jangan pernah takut dengan apapun, “siapa yang ingin mutiara maka dia harus berani terjun ke lautan yang dalam” ini sama artinya bahwa kita sebagai pemuda jika ingin memajukan bangsa harus berani untuk mengambil resiko asalkan itu tidak bertentangan dengan nila-nilai keagamaan dan norma-norma hukum. Segala ilmu yang dimiliki akan berguana jika di landasi oleh iman dan takwa. agama tanpa ilmu maka akan pincang namun ilmu tanpa agama akan buta. Oleh karena itu kedua hal ini harus saling beriringan agar dapat saling mengimbangi satu sama lain sehinggah tidak menimbulkan hal-hal yang tidak di inginkan kita bisa mengambil contoh seorang terosis bukanlah orang bodoh melainkan orang yang sangat pintar karena bisa merakit bom dengan baik namun karena dia tidak mempunyai landasan iman yang kuat sehinggah kecerdasan yang mereka miliki akhirnya menimbulkan sesuatu yang berbahaya.

Hadirin sekalian yang saya hormati

Oleh karena itu kita sebagai pemuda harus bisa menyadari bahwa kita adalah harapan kita adalah masa depan dan kita adalah penentu maka dari itu mulai saat ini kita harus berhenti utuk bersantai dan mulailah bergerak untuk berbuat sesuatu, jangan pernah menyerah karena sebuah keberhasilan tidak bisa di dapatkan secara instant semua hal butuh proses dari proses itu kita bisa belajar untuk membenahi di mana titik-titik kelemahan selama ini sehinggah kita mampu meminimalisirnya. Dan jalan menuju keberhasilan akan terbuka lebar.

Kita hanyalah manusia bisa tetapi kita adalah seseorag.kita tidak dapat melakukan segala hal tetapi kita dapat melakuakn sesuatu. Jangan pernah menolak untuk melakukan sesuatu yang dapat kalian lakukan.

Demikian yang dapat saya sampaikan mohon maaf bila ada kata yang salah karena semua kesalahan bersumber dari saya dan kebenaran hanya datang dari allah swt

Wabillahi taufik walhidayah wassalamu alaikum wr wb
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top