Blog Tentang Bacaan Al Qur'an, Doa - Doa, Tata Cara Ibadah, Contoh Surat, Makalah, Skripsi, Proposal, Pidato, Puisi, Kata Mutiara dan Artikel.

Sabtu, 26 September 2015

Contoh Penulisan Prakata / Kata Pengantar dalam Skripsi yang Baik dan Benar

Contoh Prakata dalam Skripsi


PRAKATA

Puji syukur kehadirat Allah SWT Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat dan atas segala limpahan rahmat, taufik, serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berbentuk skripsi ini sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.
Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada baginda Nabi Besar Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya yang selalu eksis membantu perjuangan beliau dalam menegakkan Dinullah di muka bumi ini.
Penyusunan skripsi ini adalah merupakan salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana pada Fakultas Pendidikan di Sejuta Warna
Dalam penulisan skripsi ini, tentunya banyak pihak yang telah memberikan bantuan baik moril maupun materil. Oleh karena itu penulis ingin menyampaikan ucapan terimakasih yang tiada hingganya kepada :
  1. Drs. Ipan Parhan M,Ag selaku pembimbing I dan Bapak Fathul Maujud, M.A, selaku pembimbing II yang telah banyak mamberikan bimbingan, nasehat dan arahan kepada penulis.
  2. Drs. Rijal Habibulloh M,Ag, selaku Rektor Sejuta Warna Mataram beserta para dosen dan seluruh karyawan/ staf pegawai Sejuta Warna  Mataram atas bantuan yang diberikan selama penulis mengikuti studi.
  3. Bapak kepala sekolah Madrasah Aliyah Drs. Rijal Habibulloh M,Ag, guru bahasa Arab, karyawan/ staf pegawai serta siswa-siswa Drs. Rijal Habibulloh M,Ag yang telah banyak membantu dan memberikan informasi dan data-data yang diperlukan penulis dalam penyusunan skripsi ini.
  4. Secara khusus penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada Ayahanda yang penulis banggakan dan Ibundaku tercinta dan adik-adikku yang telah banyak memberikan dukungan dan pengorbanan baik secara moril maupun materil sehingga penulis dapat menyelesaikan studi dengan baik.
  5. Ucapan terima kasih penulis kepada semua sahabat yang telah banyak memberikan bantuan, dorongan serta motivasi sehingga skripsi ini dapat terselesasikan.
Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan, maka saran dan kritik yang konstruktif dari semua pihak sangat diharapkan demi penyempurnaan selanjutnya.
Akhirnya hanya kepada Allah SWT kita kembalikan semua urusan dan semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, khususnya bagi penulis dan para pembaca pada umumnya, semoga Allah SWT meridhoi dan dicatat sebagai ibadah disisi-Nya, amin.

Tasikmalaya, 11 Agustus 2014


Penulis



KATA PENGANTAR

Bismillah Ar-Rahman Ar-Rahim
Wasalatu wassalamu ‘alaRasulillah wa’ala aalihi
            Puji syukur hanya bagi Allah SWT. Karena limpahan kasih sayang-Nya yang terus mengalir kepada umat menusia, khususnya kepada penulis, dalam bentuknya yang unik dan mengagumkan. Karena kuasa-Nya pula karya tulis ini dapat selesai sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Shalawat serta salam semoga terlimpah kepada teladan kita Nabi Muhammad Saw., juga kepada keluarganya, sahabatnya, dan para pengikutnya sampai akhir zaman.
            Dalam perkembangan dunia yang cukup pesat, tantangan dan persaingan akan semakin berat. Sumber daya manusia yang berkualitas baik diperlukan dalam menghadapi tantangan dan persaingan tersebut. Kualitas seseorang akan sangat menentukan keberhasilan yang dicapai. Oleh karena itu untuk meningkatkan kualitas, sebagai calon guru, harus benar-benar memahami dan menguasai bidang ilmu yang diajarkannya.
            Dalam kesempatan ini, untuk meningkatkan kualitas, dalam hal ini penguasaan materi yang dipelajari, peneliti tertarik dalam meneliti Teknik memainkan oktaf pada French Horn dalam lagu Syukur ciptaan H.Mutahar arransemen Juliandani dan sebagai aransemen Orkes Symphoni Bumi Siliwangi sampai sekarang
            Sebagai manusia, tentunya tidak pernah lepas dari salah dan khilaf. Begitu juga penelitian yang ditulis pada karya tulis ini, di dalamnya terdapat kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Oleh karena itu, peneliti terbuka terhadap saran dan kritik yang membangun dari siapapun, yang akan menjadi catatan dan poerhatian untuk memperbaiki dan mengembangkannya agar mendekati kesempurnaan. Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi peneliti sendiri, Program Seni Musik UPI, mahasiswa dan masyarakat.

            Pada lembaran ini, penulis ingin menyampaikan rasa terimakasih dan penghargaan dari palung hati terdalam kepada:
1.   Kedua orang tuaku yang tercinta Bapak Jaenudin dan Ibu Imas yang selalu menjadi motivator utama dalam menjalani perkuliahan sampai saat ini dan selalu memberikan do’a dan restunya pada peneliti.
  1. Drs. Sugeng Syukur. Sebagai pembimbing I yang bersedia meluangkan waktunya untuk membimbing peneliti dalam mengarahkan peneliti dalam menyusun karya tulis ini. Pemikiran beliau yang selalu terbuka, sikap beliau yang “serius tapi santai”, dan kadang penuh canda akan selalu diingat oleh peneliti.
  2. Dodi M. Kholid, S.pd., M. Sn. Sebagai pembimbing II yang selalu sedia meluangkan waktunya baik di kampus maupun di rumahnya untuk membimbing penulisan skripsi ini. Pengalaman dan pemikiran beliau menambah wawasan dalam menjalani kehidupan, khususnya dalam bidang musik.
  3. Ibu Putri Lilis Dyani, S. sen., M. sn selaku Ketua Jurusan Pendidikan Sendratasik FPBS UPI Bandung.
  4. Segenap pengajar di UPI Bandung, khususnya para pengajar di Program Pendidikan Seni Musik FPBS UPI, yang sangat membantu dalam proses perkuliahan selama ini: Papap Nanang, Mas Henri, A Hendri, Bang Udo,   Bu Susi, Bu Diah, A Iwan, Pak Ansor, Pak Wardi, Bu Dewi, Bu Uus, Pak Oya, Pak Kiki, Pak Agus, Pak Juliandani, Pak Bambang, Bu Diah dan Pak Yudi.
  5. Segenap staff tata usaha, baik di FPBS maupun di Sendratasik: Pa Ma’mur Membantu Saya Kalau tidak punya Uang, Pak Tatang, Ujun dan Asep Peralatan yang sudi meminjamkan alat pada saya.
  6. Kakak-kakakku: A Cepi, Diki, Yopi, Gan-gan, Alpin dan Adik saya Herlin.
  7. Yulianti Puspitasari yang selalu setia mendampingiku selama membuat skripsi.
  8. Mas Hendri Virgan dan Pa Juliandani, still the best
  9. Teman-teman seperjuangan angkatan 2002.
  10. Semua kakak dan adik tingkat di Seni Musik UPI Bandung.
  11. Teman-teman di OSBS, Fatahillah, KIG, Himpunan STM, Be-Bop& El-Be BigBand, Paduan Suara dan M3.
  12. Letnan Anton.S.pd, Ricky. S.pd, Rizka. S.pd, Edi korong, Wawan Bucek, Iksan Togel, Andi Kodok, Don Aji, Don Eful, Don Kumbang, Don Komeng, Don Bois, Don Iyay,Don Obet, Ari Markus, Cep Kevin, Joy, Juned, Asep (Omen) yang sangat membantu sekali dalam penulisan skripsi ini.
  13. Teman-teman pemain trumpet: Ruci, Eboy, Bruri, Dedi, Jodi, Oki, Asmu, dan Kelly.
  14. Teman-teman di Don Lego.
  15. Semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, yang telah memberikan bantuan moral dan materi yang tidak sempat disebutkan satu persatu atau karena kekhilafan semata, dimanapun mereka berada.
Semoga Allah mengganti dengan yang lebih baik dan berlipat ganda , amin. Jazakumulloh khairon katsiiro.

Tasikmalaya, 28 Maret 2015
                                                                                    Penulis
               

Facebook Twitter Google+
 
Back To Top