Pedoman Peringatan HUT RI ke 78 2023

Dalam rangka Pelaksanaan Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023, bersama ini dengan hormat kami sampaikan Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023.
Pedoman Peringatan HUT RI ke 78 2023

Tema HUT RI ke-78
Tema HUT ke-78 tahun 2023 yang diusung adalah 'Terus Melaju Untuk Indonesia Maju'. Tema tersebut dipilih sebagai representasi atas pencapaian yang telah diraih menjadikan posisi Indonesia menguntungkan dalam melanjutkan gerak pembangunan negara.

Diharapkan, tema tersebut dapat menjadi dorongan bagi Bangsa Indonesia untuk terus bergerak maju. Pada momen ini, Indonesia telah menunjukkan aksi nyata yang progresif dan diharapkan jangan sampai berhenti melanjutkan pembangunan dengan semangat 'estafet'.

Dirgahayu RI ke-78 pada tahun ini mengajak seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir.

Selayaknya olahraga estafet, yang merefleksikan semangat kolektif, berharmoni, berkolaborasi serta sinkronisasi irama gerak dan sinergi pikiran dari tiap-tiap pelari untuk satu tujuan. Ini adalah energi gerak untuk bangsa Indonesia agar laju momentum ini Terus Melaju untuk Indonesia Maju.

Logo HUT RI ke-78
Logo HUT RI ke-78 terlihat berbentuk angka 7 dan 8. Kedua angka ini saling bertaut satu sama lain, angka 7 diisi tampak penuh berwarna merah sementara angka 8 berwarna merah putih dengan aksen garis mengikuti angka yang tak terputus.

Logo Hari Kemerdekaan RI ke-78 ini mencerminkan rasa tegas, stabil, lugas, kesatuan. Bermakna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama, bergerak secara harmoni menuju Indonesia Maju

Filosofi Logo HUT RI ke-78
Logo HUT RI ke-78 terdiri dari 6 komponen yang masing-masing memiliki filosofi tersendiri. Berikut ini penjelasannya:

Konsep visual logo HUT ke-78 RI tahun 2023:

1. Estafet
Garis padat horizontal - Tongkat Estafet. (Teruskan)

Selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa untuk bergotong royong menuju Indonesia Maju. Bersinergi dalam satu irama, satu asa, satu bangsa.

2. Terus Melaju
Angka 7 berbentuk arah panah ke atas. (Gerak Maju)

Arah panah ke atas yang bermakna bergerak maju, dengan laju progresif menuju Indonesia Maju.

3. Pancasila
Terbentuk dari 5 garis melengkung. (Pancasila)

5 garis melambangkan 5 sila dalam Pancasila sebagai landasan bernegara dalam proses melaju.

4. Tanggung Jawab Bersama
Perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis. (Tanggung Jawab Bersama)

Bentuk solid melambangkan tujuan yang sama, beralih menjadi garis-garis bermakna latar belakang Negara Republik Indonesia yang beragam. Ekspresi rasa tanggung jawab bersama selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa melaju bersama menuju Indonesia Maju (Bhineka Tunggal Ika).

5. Keberlanjutan
Perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis yang tidak terputus.

Keberlanjutan progres pembangunan yang terus berlanjut dan tidak pernah berhenti dengan melibatkan setiap elemen bangsa untuk membangun bangsa dan negara yang adil makmur sentosa, bergotong royong menuju Indonesia Maju.

6. Globalisasi
Bentuk bulat yang ditampilkan oleh angka 8 merepresentasikan pola pikir global (Globalisasi)

Pembangunan berorientasi pada kemajuan kesejahteraan rakyat, menghasilkan SDM unggul yang siap berkompetisi di panggung dunia.

Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami sampaikan terima kasih.