Blog Tentang Bacaan Al Qur'an, Doa - Doa, Tata Cara Ibadah, Contoh Surat, Makalah, Skripsi, Proposal, Pidato, Puisi, Kata Mutiara dan Artikel.

Selasa, 07 Juli 2015

MAKALAH TENTANG INTERNET DAN JARINGAN INTERNET | MAKALAH TIK


BAB 1
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
 Penulis bermaksud menjelaskan dan mengenalkan pengertian dasar dari internet yaitu Internet juga dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
B. TUJUAN
Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan dan diharapkan dapat bermanfaat bagi yang membacanya dan bagi orang awam yang belum pernah mengenal internet secara keseluruhan, disamping itu tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas dari Dosen mata kuliah Pemprograman Terstuktur.

BAB 2
INTERNET/INTRANET
A.  PENGERTIAN
1.      INTERNET
     Interconnected Network atau yang lebih popular dengan sebutan Internet yaitu sebuah system komunikasi global yang menghubungkan koiasaoan jaringan-jaringan koiasaoiseluruh dunia.
    Setiap koiasaoan jaringan terhubung ke jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan dengan menggunakan unique name yang biasa disebut alamat IP 32 bit. Komputer yang terhubung secara global dengan menggunakan TCP/IP sebagai priasaoertukaran paket data (packet switching communication protocol),maka rangkaian jaringan computer  yang besar ,dapat dinamakan Internet.
     Internetworking merupakan kumpulan jaringan local area,juga metropolitan area yang umumnya terhubung melalui router-router sehingga membentuk jaringan wide area yang begitu besar.
2.      INTRANET
     Intranet merupakan sebuah jaringan internal perusahaa yang dibangun menggunakan teknologi internet (arsitektur berupa aplikasi web dan menggunakan priasaoCP/IP).   A. Komponen pembentuk intranet yaitu :
1.      Aplikasi browser                        
2.      Komputer server
3.      Perangkat jaringan
4.      Protokol TCP/IP
5.      Bahasa Pemrograman
6.      Komputer client
7.      Perangkat bantu (development tool).
  B.  Manfaat intranet
Pemanfaatan intanet dalam suatu organisasi digunakan untuk :
- Human resource personal services
- Material and logistic services,seperti penyediaan ruangan,barang,dsb..
- Information system services dan lain-lain.
 B. SEJARAH INTERNET
    1. Sejarah Internet Dunia
      Sejarah Internet dimulai pada 1969 ketika Department Pertahanan Amerika, U.S.Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan organic. Program riset ini dikenal dengan ARPANET.
-  Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain.
-  Pada 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun lalu untuk ARPANET.
- Pada 1973 ,jaringan computer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
- Pada 26 Maret 1976,Ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and  Radar Establishment di Malvern.
- Pada 1979, Tom Truscott,Jim Ellis, dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET.
- Tahun 1981 Franc4 Telecom menciptakan gebrakan dangan meluncurkan telepon televise pertama ,dimana orang biiasaling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
-  Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protocol atau IP,sementara di Eropa muncul jaringan computer tandingan yang dikenal dengan EUNET.
-  Pada tahun 1984 diperkenalkan system nama domain,yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System.
- Pada tahun 1987 jumlah computer yang tersambung melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
- Pada tahun 1988,Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC (Internet Relay Chat).
- Pada tahun 1990 Tim Berners Lee menemukan program yang disebut www atau World Wide Web.
- Pada tahun 1994 ,situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman,dan untuk pertama kalinya virtual – shopping atau e-retail muncil di Internet.
2. Sejarah Internet Indonesia
       Sejarah Internet Indonesia bermula pada awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan Internet di Indonesia lebih dikenal dengan Paguyuban Network. Tulisan-tulisan awal mengenai internet di Indonesia terinspirasi oleh kegiatan amatir radio pada tahun 1986 khususnya di Amatir Radio Club (ARC) ITB. Mereka  mulai mendiskusikan teknik membangun jaringan computer dengan radio menggunakan teknologi radio paket. Robby Soebiakto merupakan pakar amatir radio khususnya dibidang komunikasi data packet switching melalui radio yg disebut radio paket. Teknologi radio paket kemudian diadopsi oleh rekan Robby Soebiakto yang kemudian menjadi tumpuan Paguyuban Net tahun 1992-1994.
                 Pada tahun 1988,melalui surat pribadi,Robby Soebiakto mendorong Onno W. Purbo unetuk mendalami jaringan Internet berbasis priasaoCP/IP. Robby Soebiakto juga menjadi coordinator alamat IP pertama dari AMPR-net. Robby Soebiakto juga merupakan pionir dikalangan pelaku amatir radio Indonesia yang mengaitkan jaringan amatir bulletin Board System (BBS).Komunikasi natara Onno W.Purbo dengan rekannya di Indonesia berlanjut hingga awal 1990-an dengan menggunakan computer PC/XT kompatibel dan walkie talkie 2 meteran,melalui jaringan amatir radio.
        Pada tahun 1992-1993 ,Muhammad Ihsan bersama dengan Ibu Adrianti menjalin kerja sama dengan DLR mencoba mengembangkan jaringan computer menggunakan teknologi paket radio pada band 70 cm dan 2 m.Muhammad Ihsan menjadi motor penggerak di LAPAN,dia mengoprasikan relai penghubung antara ITB Bandung dengan gateway internet yang ada di BPPT. Komputer PC 386 digunakan sebagai gateway packet radio TCP/IP IPTEKNET . Tanggal 7 Juni 1994 Randy Bush melakukan ping ke IPTEKNET dan melaporkan hasilnya kepada rekannya di NSF Amerika Serikat.
        Nama lain yang tidak kalah berjasa adalah pak Putu. Beliau mengembangkan PUSDATA DEPRIN. Di masa awal perkembangan BBS,Pak Putu berjasa mempopulerkan penggunaan e-mail di Jakarta. Reporting System (APRS) yang memungkinkan kita melihat posisi stasiun amatir radio dip eta internet.Berawal dari teiknologi radio paket kecepatan rendah,ITB kemudian memperoleh sambungan 24 jam 14.4 Kbps ke RISTI Telkom. September 1996 merupakan tahun peralihan bagi ITB,karena keterkaitan ITB dengan jaringan penelitian Asia Internet Interconnection Initiatives (AI3). ITB akhirnya menjadi salah satu bagian terpenting dalam jaringan pendidikan Indonesia yang menamakan dirinya AI3 Indonesia.
C. MANFAAT INTERNET  
Secara umum banyak manfaat yang ada di internet ,berikut ini adalah sebagian yang ada di internet :
1. Informasi untuk kehidupan pribadi,kesehatan,rekreasi,hobby,pengembangan pribadi, rohani, dan social.
2. Informasi untuk kehidupan professional/pekerjaan, sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, berbagai forum komunikasi.
D. DOMAIN INTERNET
Sebagian besar mesin/ computer server di internet akan dikenali dengan menggunakan nama domain.Di Dunia internet terdapat beberapa Top Level Domain yang sifatnya global,ada beberapa yang sangat umu digunakan yaitu :
.com - –ntuk lembaga komersial
.org – untuk organisasi biasanya tidak komersial
.gov – untuk pemerintah Amerika Serikat
 .edu – untuk universitas
BAB 3
JARINGAN INTERNET/INTRANET
A. PENGERTIAN
       Jaringan computer adalah “interkoneksi” antara dua computer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).
       Autonomous adalah jika computer tidak melakukan control terhadap computer lain dengan akses penuh,sehingga dapat membuat computer lain,restart,shut down,kehilangan file  atau kerusakan system.
       Jaringan internet adalah jaringan computer yang biiasikategorikan sebagai WAN, menghubungkan berjuta computer di seluruh dunia, tanpa batas Negara, dimana setiap orang yang memiliki computer dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia layanan internet .
B. SEJARAH JARINGAN KOMPUTER  
        Konsep jaringan computer yang lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan computer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvars University yang dipimpin priasaor. Aiken.
         Di tahun 1950-an ketika jenis computer mulai membesar sampai terciptanya super computer,maka sebuah computer mesti melayani beberapa terminal. Untuk itu,ditemukan konsep distribusi berdasarkan waktu yang dikenal dengan TSS (Time Sharing System).
         Memasuki tahun 1970-an,mulailah digunakan konsep proses distribusi ( Distributed Processing) Dalam proses ini beberapa host computer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara parallel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri di setiap host. Selanjutnya ketika harga computer kecil mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang,mulailah berkembang teknologi jaringan local yang dikenal dengan LAN. Demikian pula,ketika internet diperkenalkan,maka sebagian besar LAN mulai berhubung dan membentuk jaringan raksasa WAN.
C. JENIS – JENIS JARINGAN
1. Local Area Network (LAN)
        LAN adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relative kecil. Biasanya jarak antar node tidak lebih jauh dari 200 m.
2. Metropolitan Area Network (MAN)
        MAN biasanya meliputi daerah  yang lebih besar dari LAN. Dalam hal ini jaringan menghubungkan  beberapa buah jaringan kecil kedalam lingkungan area yang lebih besar.
3. Wide Area Network ( WAN)
        WAN adalah jaringan yang biasanya sudah menggunakan media wireless, sarana satelit atau kabel serat optic, karena jangkauannya yang lebih luas,bukan hanya meliputi satu kota atau antarkota dalam suatu wilayah,tetapi mulai menjangkau area atau wilayah otoritas neiasaain.
4. Internet
       Internet yaitu kumpulan jaringan yang terkoneksi
5. Jaringan Tanpa Kabel
        Jaringan tanpa kabel merupkan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak biiasilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
D. TIPE – TIPE JARINGAN
1. Jaringan Berbasis Server ( Client – Server )
Jaringan berbasis server ( client – server) merupakan server didalam sebuh jaringan yang menyediakan mekanisme pengamanan dan pengelolaan jaringan tersebut.
2. Jaringan Peer-to-Peer
Setiap computer di dalam jaringan peer mempunyai fungsi yang sama dan dapat berkomunikasi dengan computer lain yang telah member izin. Jadi,secara sederhana setiap computer pada jaringan peer berfungsi sebagai client dan server sekaligus.
3. Jaringan Hybrid
Jaringan hybrid memiliki semua tipe yang terdapat pada tiga tipe jaringan atas. Ini berarti pengguna dalam jaringan dapat mengakses sumber daya yang dishare oleh jaringan peer, sedangkan di waktu bersamaan juga dapat memanfaatkan sumber daya yang disediakan oleh server.
E. MANFAAT JARINGAN KOMPUTER
Manfaat jaringan computer bagi user dapat dikelompokan menjadi 2,yaitu : untuk kebutuhan perusahaan, dan jaringan untuk umum. Adapun manfaat jaraingan computer untuk umum adalah sebagai berikut : Jaringan computer memberikan layanan yang berbeda kepada pengguna di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan pada perusahaan.
F. TOPOLOGI JARINGAN
Topologi jaringan yaitu gambaran perencanaan hubungan antarkomputer dalam Local Area Network, yang umumnya menggunkan kabel,dengan konektor,Ethernet card, dan perangkat pendukung lainnya.
Ada beberapa jenis topologi yang sering terdapat pada hubungan computer pada jaringan local area yaitu :
1. Topologi Bus   
Topologi ini merupakan bentangan satu kabel yang kedua ujungnya ditutup,dimana sepanjang kabel terdapat node-node. Signal dalam kabel dengan topologiini dilewati satu arah sehingga memungkinkan sebuah collision.
2. Topologi Ring
Topologi ini mempunyai karakteristik yaitu jaringan yang berupa lingkaran tertutup yang berisi node-node. Signal mengalir dalam dua arah sehingga dapat menghindarkan terjadinya collision.
3. Topologi Star
Karakteristik dari topologi jaringan ini adalah node(station) berkomunikasi langsung dengan station lain melalui central node dan diteruskan ke node tujuan.
4. Topologi Tree/Hierarchical
Tidak semua stasiun mempunyai kedudukan yang sama. Stasiun yang kedudukannya lebih tinggi menguasai stasiun dibawahnya, sehingga jaringan sangat bergantung dengan stasiun yang kedudukanya lebih tinggi dan kedudukan stasiun yang sama disebut peer topology.
5. Topologi Mesh dan Full Connected
Topologi jaringan ini menerapkan hubungan antarsentral secara penuh.
6. Topologi Hybrid
Topologi ini merupakan topologi gabungan dari beberapa topologi yang ada, yang biiasemadukan kinerja dari beberapa topologi yang berbeda, baik berbeda system maupun berbeda media transmisinya.

BAB 4
PENUTUP


KESIMPULAN

Kesimpulan yang penulis peroleh dalam penulisan makalah  ini adalah Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet :
1. Informasi untuk kehidupan pribadi, kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial.
2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.

Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.
Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.

SARAN
            Saat menghadapi perkembangan Internet haruslah kita manfaatkan Teknologi ini dengan hal – hal yang bersifat baik dan positif dan hal yang dapat membantu meringankan  pekerjaan.
DAFTAR PUSTAKA
Google.com
Rijalhabibulloh.blogspot.com
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top