Blog Tentang Bacaan Al Qur'an, Doa - Doa, Tata Cara Ibadah, Contoh Surat, Makalah, Skripsi, Proposal, Pidato, Puisi, Kata Mutiara dan Artikel.

Sabtu, 26 September 2015

MAKALAH SENAM KESEGARAN JASMANI (SKJ) | PENJAS

MAKALAH SENAM KESEGARAN JASMANI (SKJ)

BAB I
PENDAHULUAN

I.    Pengertian Senam
         Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Bentuk modern dari senam ialah : Palang tak seimbang, balok keseimbangan, senam lantai. Bentuk-bentuk tersebut konon berkembang dari latihan yang digunakan oleh bangsa Yunani kuno untuk menaiki dan menuruni seekor kuda dan pertunjukan sirkus.
         Senam biasa digunakan orang untuk rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran, biasanya ada yang melakukannya di rumah, di tempat fitness, di gymnasium maupun di sekolah.
Sekarang, sejak kecil banyak anak sudah terbiasa diajarkan senam, baik oleh orang tua, maupun oleh pengajar olahraga di sekolah.
            Senam sangat penting untuk pembentukan kelenturan tubuh, yang menjadi arti penting bagi kelangsungan hidup manusia.
Senam ada berbagai macam, diantaranya senam lantai, senam hamil, senam aerobik, senam pramuka, Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), dll. Biasanya di sekolah dasar, guru-guru mengajarkan senam-senam yang mudah dicerna oleh murid, seperti SKJ dan senam pramuka. Namun ketika beranjak remaja, banyak orang melakukan senam aerobik, ataupun senam lain termasuk meditasi untuk menenangkan diri.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Perkembangan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ )
Jika anda termasuk angkatan 80-an dan remaja pada akhir 80-an atau awal 90-an,
anda pasti mengenal senam kesegaran jasmani atau yang biasa disingkat SKJ. Senam ini selalu hadir pada jum’at pagi mulai dari kantor pemerintah sampai halaman-halaman
sekolah. Senam ini diiringi dengan musikgubahan dari lagu-lagu daerah. Senam ini terdiri dari tiga bagian, pemanasan, gerakan inti, kemudian pendinginan (istilah untuk kelompok gerakan penutup) dan dilakukan secara massal. Senam ini tak hanya diikuti oleh siswa sekolah dan pegawai pemerintah tetapi juga diikuti oleh masyarakat. Beberapa sekolah di daerah menggunakan gerakan senam sebagai bahan ujian akhir mata pelajaran olah raga. Bahkan di daerah lain, senam ini digunakan sebagai materi dalam perlombaan olah raga. SKJ sering dilombakan dalam kegiatan PORSENI karena gerakannya yang sudah pasti, mudah melakukan penilaian. Senam kesegaran jasmani muncul di era orde baru. Senam ini adalah salah satu upaya pemerintah orde baru dalam membangun sumber daya manusia. Pada pemerintah orde baru ada beberapa program peningkatan sumber daya manusia. Program tersebut antara lain peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat lewat peningkatan kinerja puskemas, peningkatan mutu pendidikan gerakan wajib belajar 9 tahun, peningkatan gizi keluarga lewat posyandu serta tak lupa mengajak masyarakat untuk gemar berolahraga. Dalam lagu pembuka senam kesegaran jasmani selalu ada slogan “mengolahragakanmasyarakat dan memasyarakatkan olahraga”. Jargon tersebut muncul pada era 80 an yang selalu digalakkan oleh pemerintah. Sebagai bukti keseriusan pemerintah dalam
membangkitkan semangat berolah raga di seluruh tanah air, pemerintah mencanangkan
Hari Olah Raga Nasional pada tanggal 9 September 1983. Penetapan tanggal 9 September diambil dari tanggal yang sama dengan penyelenggaraan PON pertama di Solo pada tahun 1948. Dalam musik pengiring SKJ selalu ada suara penghitung gerakan (dimulai pada SKJ94).
Hitungan gerakan selalu berhenti pada angka delapan. Suara penghitung gerakan selalu diisi
oleh suara seorang wanita. Tidak pernah ada penjelasan mengapa selalu wanita yang mengisi suara penghitung gerakan. Senam kesegaran jasmani sebenarnya adalah senam aerobik. Senam aerobik adalah suatu cara untuk memperoleh oksigen sebanyak-banyaknya. Senam aerobik adalah olahraga untuk peningkatan kesegaran jasmani dan bukanlah olahraga prestasi. Olahraga ini adalah olah raga preventif yang dapat dilakukan secara massal. SKJ adalah bagian dari senam aerobik kategori Low Impact aerobik yaitu senam aerobik aliran gerakan ringan dengan tahapan gerakan seperti berikut ini: Pemanasan Gerakan pemanasan dilakukan selama 10 menit. Gerakan ini bertujuan untuk membuat tubuh beradaptasi dengan gerakan senam yang lebih cepat nantinya. Gerakan ini mencegah terjadinya kram atau keseleo. Gerakan inti Gerakan ini dilakukan setelah gerakan pemanasan.Pada umumnya untuk melakukan gerakan inti ini biasanya dilakukan selama 15-20 menit. Pendinginan Gerakan ini bertujuan untuk melemaskan badan setelah melakukan gerakan yang lebih cepat sebelumnya. Gerakan ini membantu tubuh dalam persiapan melakukan penghentian gerakan. Seperti sebuah mobil, jika ingin berhenti dari berjalan cepat maka kecepatan mobil harus dikurangi sedikit demi sedikit untuk menghindari kekagetan dan resiko cedera penumpang dalam mobil. Pada awal SKJ dibuat yaitu SKJ 84, gerakan tidak dibagi menjadi tiga tahapan tetapi langsung dibuat jadi satu senam tanpa pembagian. SKJ 93 tahapan gerakan dibagi menjadi 2 yaitu tahap pemanasan dan inti. Baru pada SKJ 96 tahapan gerakan dibagi menjadi 3 yaitu pemanasan, gerakan inti kemudian dilanjutkan dengan pendinginan atau pelemasan. Munculnya senam kesegaran jasmani adalah hasil didirikannya Kementrian Pemuda dan Olah raga di tahun 1983. Sejak ada kementrian ini, kegiatan olah raga di Indonesia semakin marak.
Pada era ini, badminton atau olah raga bulu tangkis adalah primadona olah raga nasional. Badminton menjadi ratu olah raga di televisi. Pertandingan badminton menjadi sesuatu
yang ditunggu oleh semua kalangan. Kini kedudukan badminton digeser oleh sepak bola yang kini menjadi ratunya olah raga. Pada era 80 an, Indonesia dapat merebut Piala Thomas dari tangan Cina pada tahun 1984, Ellyas Pical berjaya merebut gelar juara tinju dunia, serta Indonesia menjadi juara di ajang SEA Games. Pemerintah tak lupa menjangkitkan semangat olah raga pada masyarakat umum dengan membuat satu olahraga yang murah dan bias dinikmati oleh setiap lapisan masyarakat dari anak-anak hingga dewasa. Pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga saat itu, Abdul Gafur, mensosialisasikan olahraga masal yaitu senam. Gerakan nasional ini dapat dijumpai dari tingkat sekolah dasar sampai dengan kantor-kantor pemerintah. SKJ bukanlah pembuka dalam mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga yang dilakukan oleh pemerintah kala itu. Senam Pagi
Indonesia yang biasa disebut SPI adalah pembuka program pemerintah dalam mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga. Senam Pagi Indonesia diperkenalkan pemerintah pada
akhir 70 an dengan Senam Pagi Indonesia seri A, B, C dan D. Kemudian menyusul senam kesegaran jasmani diperkenalkan pada awal 1984 berdasarkan Surat Perintah Menpora. Musik SKJ 1984 diciptakan oleh Nortier Simanungkalit. Dia adalah seorang komponis Indonesia yang dikenal dengan karya lagu-lagu berjenis mars dan himne. Selain menciptakan musik pengiring SKJ, Nortier Simanungkalit juga menggubah musik untuk Senam Pagi Indonesia, Himne SEA Games X, Mars pemilu dan lain-lain. Senam ini dimasyarakatkan berdasarkan SP kantor Menpora Nomor: B/0227/K/MENPORA/84, Jakarta 13 Februari 1984, dan SK DIRJEN PLSPO Nomor: Kep-03/E/K/1984.
Program ini cukup sukses dalam menggiatkan seluruh masyarakat untuk berolah raga. Pada tahun 1988, diperkenalkan senam kesegaran jasmani versi baru. Setelah orde baru berganti dengan orde reformasi, SKJ tampak tidak populer di masyarakat. Sudah tak terlihat lagi kumpulan manusia berolahraga pada Jum’at pagi. Olahraga ini dipandang sebagai olahraga yang kuno. Sekolah-sekolah negeri dan swasta yang cukup elit sudah tidak menggunakan SKJ dalam daftar materi pada mata pelajaran olahraga. Sekolah sudah mengganti dengan olah raga yang lebih populer seperti basket, sepakbola, renang dan lain-lain. Kebanyakan sekolah negeri dan swasta yang biasa pun sudah tak menggunakan SKJ ini. Penghilangan semua program yang berbau orde baru membuat SKJ juga hilang dari peredaran. Di daerah-daerah kecil (bukan kota besar), SKJ masih dipakai untuk membuat siswa tetap berolahraga. Hal ini untuk menyiasati minimnya sarana dan prasarana olah raga di sekolah tersebut. Gerakan dalam SKJ ini berubah tiap beberapa tahun meskipun hanya beberapa gerakan dan musik pengiringnya saja. Berikut beberapa daftar tentang perkembangan senam kesegaran jasmani, yaitu:
1. SKJ angkatan 84 dengan musik pengiring diaransemen oleh Nortier Simanungkalit
2. SKJ angkatan 88 dengan musik pengiring
diaransemen oleh Januar Ishak.
3. SKJ angkatan 93 dengan musik pengiring diaransemen oleh Januar Ishak. Pada SKj angkatan 93 gerakan senam dibagi menjadi dua yaitu pemanasan dan gerakan inti.
4. SKJ angkatan 94 dengan musik pengiring sama dengan SKJ 93 hanya diberi hitungan. Lagu yang dipakai dalam music pengiring antara lain Yamko Rambe Yamko dari Papua, Jali-jali dari Jakarta, Tanduk Majeng dari Madura, Cing Cakeling dari Jawa Barat, Rasa Sayange dari Maluku, Paris Barantai dari Kalimantan Selatan.
5. SKJ usia SD 96 dengan musik pengiring diaransemen oleh FX Sutopo. Pada SKJ ini gerakan sudah lebih lengkap yaitu pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan atau pelemasan. Salah satu program pemerintah dalam peningkatan sumber daya manusia yang terbilang sukses adalah senam kesegaran jasmani . Senam ini mewabah pada hampir semua lapisan masyarakat kala itu. SKJ adalah salah satu olahraga murah meriah yang tentunya menyehatkan raga dan pikiran.

                                                BAB III PENUTUP
    Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas terselesaikannya Makalah tentang  Senam Kesegaran Jasmabni,untuk memperbaiki nilai dari Pendidikan Jasmani.
    Semoga dari Makalah ini banyak di ambil berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya, sebagai bahan pembelajaran dan sebagai ilmu pengetahuan yang dapat di berikan kepada teman-teman semua. Karena di lihat dari pandangan apapun, Olahraga adalah salah satu kegiatan yang tidak boleh di hilangkan dari kehidupan.
    Berbagai cara yang sudah di bacakan dan dapat dipahami pembelajarannya sangatlah berguna untuk pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
    Mohon maaf bila ada kata-kata atau tulisan yang tidak berkenan untuk di sajikan dalam makalah ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya. 

DAFTAR PUSTAKA

http://pendidikanjasmani13.blogspot.come/2012/05/sejarah-senam-indonesia.html
http://penjasminu.blogspot.com/2009/02/sejarah-perkembangan-senam-1.html
http://www.anneahira.com/macam-macam-senam.htm
http://poetrasentence.wordpress.com/2012/03/14/sejarahpengertian-senam-dan-jenis-senam/
http://desibelajar.blogspot.com/2010/11/5-macam-cabang-senam.html
http://57galang.blogspot.com/2012/02/pengertian-senam-dan-jenis-jenis-senam.html

Facebook Twitter Google+
 
Back To Top