Blog Tentang Bacaan Al Qur'an, Doa - Doa, Tata Cara Ibadah, Contoh Surat, Makalah, Skripsi, Proposal, Pidato, Puisi, Kata Mutiara dan Artikel.

Jumat, 08 April 2016

PROPOSAL KEGIATAN PERINGATAN ISRA MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW 1437 H / 2016 M

CONTOH PROPOSAL KEGIATAN PERINGATAN ISRA MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW 1437 H / 2016 M


PANITIA HARI BESAR ISLAM (PHBI)
MASJID JAMI AL TAQWA
Sekretariat : Kp. Nagrak RT. 03/02 Desa Sindangraja Kec. Jamanis
Kabupaten Tasikmalaya 46175

Nomor : 005/PHBI/DKM.TQW/2015                 Kepada
 Lampiran : 1 (satu) Bundel                                                                 Yth. Para Donatur
Perihal : Permohonan Bantuan Dana                            di-Tempat


Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Dengan hormat,
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi karunia, taufiq dan inayah-Nya kepada kita semua sehingga bisa melaksanakan aktivitas sehari – hari.
Sehubungan dengan akan dilaksanakannya kegiatan Peringatan Isra Mi’raj Oleh DKM At-Taqwa, yang insya Allah akan dilaksanakan pada :


Hari/tanggal                : Rabu, 10 Mei 2015

Waktu                          : Pukul 19:30 WIB. (Selesai Ba’da Isya)
           Tempat                        : Mesjid Jami At-TaqwaOleh karena itu, demi sukses dan terselenggaranya acara tersebut kami mohon Bantuan Dana Kepada para Donatur untuk membantu kami dalam bentuk finansial.
Demikian proposal permohonan bantuan dana ini kami sampaikan, atas bantuan dari Bapak/Ibu/Sdr(i) kami ucapkan banyak terimakasih.

Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

PANITIA PERINGATAN HARI BESAR ISLAM (PHBI)
ISRO MI’ROJ NABI MUHAMMAD SAW 1436 H

            Ketua                                                                          Sekretaris



     ZAINUDDIN                                                          SYARIF HIDAYATULLOH


                                                       Mengetahui,
                                            DKM Masjid Jami Alfalah

 


                                             KH. ZAINAL HIDAYAT





PROPOSAL KEGIATAN PERINGATAN


ISRA MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW

A.    Dasar Pemikiran

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.(Qs : Al ‘Isra’ : 17)”


Bulan Rojjab  adalah momentum di mana kita dapat mengingat terjadinya peristiwa yang sangat luar biasa yaitu peristiwa Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW. Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW   merupakan wujud cinta kasih kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan jalan yang menuju keridhoan Allah SWT yakni berupa agama islam yang dituntun dengan ajaran yang bersumber pada hukum islam yakni Al-Qur’an dan Al-Hadist. Peristiwa Isra' dan Mi'raj ini terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-11 sesudah beliau diangkat menjadi Rasul. Kejadian Isra' dan Mi'raj ini memberikan kekuatan batin  kepada Nabi dalam memperjuangkan tegaknya agama islam dan ujian bagi kaum muslimin sendiri yaitu  apakah  mereka beriman kepada kejadian yang menakjubkan dan diluar akal manusia itu yaitu perjalanan yang beratus-ratus mil serta menembus tujuh lapis langit dan hanya ditempuh dalam satu malam saja. Bagi kaum quraisy peristiwa ini mereka jadikan bahan hinaan dan  olok-olokan yang sangat keji dan menuduh  Nabi sebagai orang yang tidak beres otaknya.


Maka dengan itu, kami atas nama Pemuda Kelurahan Tadenas mengadakan kegiatan ini untuk memperingati Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dari program organisasi kepemudaan Kelurahan Tadenas yang  dapat kami jadikan sebagai sebuah manifesto kecintaaan kami kepada pahlawan revolusi islam yang menuntun kita semua dari zaman jahiliyah menuju zaman ilmiyah yakni Nabi Muhammad SAW,  dan menjadi sarana untuk silaturrahim dan membentuk kepribadian yang lebih baik terutama kepada generasi muda kita. Amin…


A.    NAMA KEGIATAN


Panitia Pelaksana Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW At-Taqwa Nagrak
B.       TUJUAN KEGIATAN


Membesarkan Isra Mi’raj sama halnya dengan kita membesarkan Islam karena Rasulullah SAW merupakan simbol ketauladanan bagi umat Islam, yang bertujuan:


1. Meningkatkan tali silaturahim antara umat Islam dan media introspeksi diri dalam menjalani kehidupan sehingga berpengaruh pada daya spiritualitas masyarakat akan kualitas dan persentasi keimanan.


2.   Memberikan motivasi kepada generasi penerus agar selalu memegang teguh tali agama dan dapat membentengi diri dengan keimanan dan ketakwaan yang kuat.


C.      WAKTU DAN TEMPAT


Adapun waktu dan tempat pelaksana dari kegiatan ini adalah :


Hari/Tanggal    : Rabu, 10 Mei 2015.


Waktu              : Pukul 19:30 WIB  (Selesai Ba’da Isya).


Tempat            : Mesjid At-Taqwa


D.      BENTUK KEGIATAN


            Bentuk dari kegiatan ini adalah Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Isra Mi’raj yang di nahkodai langsung oleh Pemuda Kelurahan Tadenas, Kec. Moti


E.       SASARAN KEGIATAN


Seluruh keanggotaan  Pemuda Kel. Tadenas.


F.     KOMPOSISI PANITIA


Komposisi kepanitiaan kegiatan terdapat pada lampiran.


G.      ANGGARAN BIAYA


Anggaran biaya dalam kegiatan ini terdapat pada lampiran.


H.    PENUTUP


Demikian proposal ini kami buat, dengan harapan kegiatan PHBI Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di tahun 2015 ini berjalan lancar, sukses dan mendapat apresiasi penuh dari semua pihak. Semoga dengan Ridho Allah SWT, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, ditambah bantuan dan partisipasi aktif dari semua pihak demi suksesnya kegiatan ini. Akhirnya hanya kepada Allah Yang Maha Pemurah kami berserah diri atas segala urusan.


Wassalamu’alaikum Wr.Wb.




LAMPIRAN


SUSUNAN PANITIA



1


Pelindung


Kepala Desa
Ketua MUI


2


Penanggung Jawab


Ketua DKM At- Taqwa


3


Ketua Pelaksana


Zainuddin


4


Sekretaris


Syarif Hidayatulloh


5


Bendahara


Sunarto Wijoyo


9


Pembantu Umum


Segenap warga lingkungan







RANCANGAN ANGGARAN BIAYA KEGIATAN (RAB)

                                                                                                                                 


NO


DESKRIPSI


TIPE UNIT


HARGA UNIT


JUMLAH





Kesektariatan











1


Tinta warna


2 Dos


Rp. 40.000


Rp. 80.000,-


2


Tinta hitam


2 Dos


Rp. 40.000


Rp. 80.000,-


3


Kertas Kuarto


1 Rim


Rp. 50.000


Rp. 50.000,-


4


Kertas HVS


1 Rim


Rp. 50.000


Rp. 50.000,-


5


Spanduk


6 Meter


Rp. 50.000


Rp. 300.000,-


6


Lem Kertas


3 Buah


Rp. 35.000


Rp. 35.000,-


7


Amplop Royal


1 Dos


Rp. 45.000


Rp. 45.000,-


8


Teransportasi Penceramah


PP


Rp. 500.00


Rp. 500.000,-


9


Sewa Penceramah


1 Orang


Rp. 2.000.000


Rp. 2.000.000,-


10


Sound Sistem


1 Unit


Rp. 1.000.000


Rp. 1.000.000,-


11


Panggung dan Tenda


4 Unit


Rp. 1.500.000


Rp. 1.500.000,-





Konsumsi











1


Aqua Gelas


20 Dos


Rp. 50.000


Rp. 1000.000,-


2


Aqua Botol


1 Dos


Rp. 75.000


Rp. 75.000,-


3


Pokariswet


1 Dos


Rp. 150.000


Rp. 150.000-


3


Kue Empat  macam


500 Buah


Rp. 1000


Rp. 500.000,-


4


Dos Kue


500 Buah


Rp. 2.500


Rp. 1.250.000,-


Jumlah Total                                                                                                Rp. 9.615.000


Terbilang : Sembilan Juta Enam Ratus Lima Belas Ribu Rupiah..


Selengkapnya tentang Isra Mi'raj :
Contoh Puisi Peringatan Isra Mi'raj
Contoh Pidato Peringatan Isra Mi'raj
Contoh Pembawa Acara (MC) Peringatan Isra Mi'raj
Contoh Pidato Sambutan Ketua Panitia Peringatan Isra Mi'raj

 
PROPOSAL PHBI ( PERINGATAN HARI BESAR ISLAM ) ISRA MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW. A. DASAR PEMIKIRAN Dewasa ini zaman telah berubah, dimana Iptek mulai berkembang pesat dan manusia telah banyak yang menguasainya terutama teknologi terkini semisal internet dan handphone. Dalam perkembangannya perlu adanya pengontrolan dari manusia itu sendiri agar tidak terbujuk oleh syaithan untuk menyalah gunakan Iptek yang telah berkembang di zaman ini. IKRAM Al Madani (Ikatan Keluarga Remaja Mushola Al Madani ) melalui kepanitiaan yang dibentuknya yaitu panitia Peringatan Hari Besar Islam ( PHBI ) Isra Mi’raj 1432 H. akan berusaha mengajak masyarakat terutama remaja untuk mengontrol diri akan perkembangan Iptek sekarang ini, remaja tidak boleh ketinggalan zaman tetapi harus menyeimbangi zaman sekarang dengan syarat dapat mengontrol diri dari penyalahgunaan Iptek terkini, melalui PHBI dengan didatangkannya seorang mubaligh untuk memberi beberapa petuahnya mungkin dapat membantu memberikan pencerahan kepada para remaja sekarang ini. oleh karena itu perlu banyak bantuan dari beberapa pihak untuk mewujudkannya, baik bantuan moril maupun materil. B. LANDASAN KEGIATAN a. Musyawarah DKM AL MADANI. b. Program Kerja IKRAM AL MADANI c. Hasil Rapat Anggota IKRAM AL MADANI ( Ikatan Keluarga Remaja Mushola AL Madani ) tentang pembentukan panitia PHBI ISRA MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW 1432 H. C. TEMA Tema kegiatan ini adalah “ Mewujudkan Kerukunan Dalam Kehidupan Masyarakat Dengan Bersilaturrahmi “. D. NAMA DAN BENTUK KEGIATAN Kegiatan ini bernama : Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1432 H. Kegiatan ini berbentuk Tabligh Akbar bersama seorang Ulama/Ustadz yang akan menyampaikan beberapa petuahnya untuk keselamatan di dunia dan di akhirat. E. TUJUAN Tujuan dari kegiatan ini adalah: a. Menjalin silaturrahmi antar masyarakat agar terciptanya keharmonisan. b. Menciptakan suasana aman dan tertib dilingkungan masyarakat. c. Meningkatkan keimanan dan taqwa masyarakat agar selamat di dunia dan di akhirat. F. WAKTU Hari/Tanggal : Selasa, 28 Juni 2011 Tempat : Halaman Mushola Al Madani Kelurahan Margadadi, Indramayu G. PELAKSANA PHBI ISRA MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW 1432 H. ini diselenggarakan oleh IKRAM AL MADANI dengan dibentuk kepanitian. Susunan kepanitiaan terlampir. H. ANGGARAN DAN SUMBER DANA Kegiatan ini diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar Rp. 1.900.000,- (Satu Juta Sembilan Ratus Ribu Rupiah) Adapun sumber dana kegiatan ini diharapkan dari : a. Dana dari Masyarakat Margadadi Rt/Rw. 01/06 dan b. Donatur lain yang halal dan tidak mengikat. I. PENUTUP Demikian proposal PHBI ISRA MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW 1432 H. ini dibuat sebagai bahan acuan bagi kegiatan kami. Semoga amal ibadahnya mendapat balasan dari Allah SWT bagi yang membantu kami dalam mewujudkan kelancaran kegiatan ini. Terima kasih. Wallahul muwaffiq Ilaa Aqwaamit Tharieq Indramayu, 01 Juni 2011

Copy and WIN : http://bit.ly/copy_win
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top