Blog Tentang Bacaan Al Qur'an, Doa - Doa, Tata Cara Ibadah, Contoh Surat, Makalah, Skripsi, Proposal, Pidato, Puisi, Kata Mutiara dan Artikel.

Kamis, 12 Februari 2015

MAKALAH TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI TINGKAT SMA

MAKALAH TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI TINGKAT SMA

BAB I
PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang
Makalah ini sengaja ditulis dengan gaya bahasa sehari-hari yang sangat mudah dipahami dan dimengerti. Makalah ini disusun berdasarkan bab – bab, sehingga pembaca dapat dimudahkan untuk mencari pokok persoalan yang telah dibaca. Dalam penyusunan makalah ini tidak ada maksud apa-apa kecuali hanya mengajak  para pembaca untuk memahami “Perkembangan Teknologi Informasi di Tingkat SMU” dan penyusunan makalah ini untuk memenuhi tugas TIK tahun ajaran 2012/2013. semoga kita dapat memahami perkembangan teknolgi informasi.


B.  Tujuan
Adapun tujuan pembuatan makalah ini adalah:

1.     Untuk memenuhi tugas TIK tahun  pelajaran 2012
2.     Untuk mengajak pembaca agar mengetahui dan memahami perkembangan teknologi    informasi di tingkat SMU.
3.     Untuk  mengajak  pembaca agar dapat memahami perbedaan teknologi informasi sekarang dengan zaman dahulu.

BAB II
PEMBAHASAN
1.    Perkembangan Teknologi Menurut Para Ahli
Nana Syaodih S. (1997: 67) menyatakan bahwa sebenarnya sejak dahulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Kalau manusia pada zaman dulu memecahkan kemiri dengan batu atau memetik buah dengan galah, sesungguhnya mereka sudah menggunakan teknologi, yaitu teknologi sederhana.
Terkait dengan teknologi, Anglin mendefinisikan teknologi sebagai penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan menyistem untuk memecahkan masalah. Ahli lain, Kast & Rosenweig menyatakan Technology is the art of utilizing scientific knowledge. Sedangkan Iskandar Alisyahbana (1980:1) merumuskan lebih jelas dan lengkap tentang definisi teknologi yaitu cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indera, dan otak manusia.

Menurut Iskandar Alisyahbana (1980) Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun istilah “teknologi belum digunakan. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.

Sedangkan menurut Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) memberi arti teknologi sebagai” keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia.

2.    Perkembangan Teknologi Informasi Di Tingkat Sma
Di semester 1, biasanya siswa belajar internet dan perkembangannya termasuk di dalamnya pembuatan website (situs) dengan Notepad atau Frontpage bahkan menggunakan Dreamweaver. Sedangkan di semester 2, siswa akan mempelajari perangkat lunak database. Dalam praktiknya, biasanya sekolah menggunakan Microsoft Access atau Visual Basic, sekaligus siswa-siswa juga belajar tentang bahasa pemrograman. Sebagai guru, jika Anda ingin mengembangkan diri Anda dapat menggunakan software-software open source yang dapat di install di sistem operasi windows ataupun linux.
Perkembangan teknologi pada saat ini sangat pesat sekali terutama teknlogi di bidang informasi komunikasi.baik dari sisi kecepatan maupun kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi yang dibutuhkan juga semakin berkembang. teknologi informasi dan teknologi ini sangat penting sekali bagi suatu negara apalagi bagi negara yang berkembang. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia saat juga tidak kalah pesatnya di banding dengan Negara Negara lain. Komunikasi yang dahulu identik dengan penggunaan kabel pun mulai ditinggalkan. Untuk mengakses informasi secara cepat, kini manusia tidak lagi bergantung pada teknologi ‘kabel’. Sebagai gantinya, jaringan nirkabel (tanpa kabel) kini telah menggeser peranan jaringan berkabel.berkabel.
Di dunia Komputer saat ini banyaknya bermunculan komputer komputer dengan teknologi canggih mulai dari komputer dengan layar tabung biasa sampai dengan layar LCD yang sangat tipis. Sekarang ini juga banyak sekali di jual. Untuk Komputer versi Portabelnya atau yang lebih sering disebut laptop sekarang ada keluaran jenis terbarunya berbentuk buku. Memiliki layar sentuh dan menggunakan teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital Produk ini juga sering disebut PC Tablet.
Untuk dunia Mobile sekarang Handphone  sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia Sebagai alat komunikasi,Dulu handphone hanya dimiliki oleh orang kaya dan orang tertentu saja. tapi sekarang handphone telah menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi komunikasi masyarakat. Perkembangan teknologinya pun semakin cepat. Handphone  sebagai sebuah media komunikasi masa kini .Sekarang Fungsi Handphone selain berfungsi untuk alat komunikasi juga bisa untuk Internet, multimedia dan entertainment sekaligus. Hal ini tentunya memberikan kemudahan sekaligus nilai tambah bagi masyarakat pemakainya.
Untuk keperluan pengaksesan data dan informasi. Teknologi yang sangat berperan dalam pengembangan generasi nirkabel ini antara lain adalah teknologi Wi-Fi dan 3G. Sekarang ini Hampir semua Smartphone dan Laptop sudah memiliki fasilitas Wi-Fi dan 3G. sehingga memudahkan kita untuk mengakses internet dimana pun berada.
Seiring perkembangan Zaman Teknologi informasi dan komunikasi ini sangat berperan penting dalam tingkat kehidupan  di masyarakat suatu negara atau daerah sehingga dalam penerapannya menimbulkan dampak dan akibat. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini terutama dibidang informasi dan komuniksi sehingga orang sekarang ini dapat sangat mudah untuk mengakses dunia maya dimana pun berada baik lewat handphone atau pun laptop. dengan kemudahan tersebut kalau tidak diikuti dengan pengawasan yang ketat dari kita semua maka juga akan berdampak negatif terutama terhadap anak anak. Jadi ini menjadi tugas kita semua untuk menerapkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai mana mestinya agar bermanfaat dalam kehidupan kita semua.

  BAB III
PENUTUP


A.  Kesimpulan
Beberapa dampak positif dan negativ dari teknologi informasi dan komunikasi kita jadikan pertimbangan bagaimana kita harus menggunakan informasi terutama penggunaan teknologi-teknologi informasi dan komunikasi yang sedang popular saat ini. Seperti internet, hand phone dan televisi
B. Saran
Segala bentuk aplikasi maupun data dari teknologi informasi dan komunilasi yang sudah ada semuanya sangat bermanfaat bagi kita, namun beberapa orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan teknologi tersebut untuk hal-hal yang negative yang merugikan orang lain. Untuk mengantisipasi hal ini mungkin perlu adanya internet police ( polisi internet) agar terus berpatroli sepanjang 24 jam untuk melindungi pengguna teknologi informasi bisnis.

DAFTAR PUSTAKA
http://hamidcell.wordpress.com/kumpulan-makalah/perkembangan-tik/
http://tik-learning.blogspot.com/2010/02/pengembangan-ktsp-tik-smp-dan-sma.html
http://ghinojanawi.wordpress.com/

Facebook Twitter Google+
 
Back To Top