Contoh Surat Permohonan yang Baik dan Benar

Sebuah permintaan yang secara halus dapat dilakukan melalui sebuah surat permohonan yang dikirimkan atau diberikan kepada seseorang, instansi, aparat masyarakat dan lainnya baik mewakili pribadi, perseorangan ataupun kelompok. surat permohona memiliki banyak bentuk dan jenis. Secara khusus ada berbagai macam surat permohonan, diantaranya ada surat permohonan bantuan dana, surat permohonan izin, surat permohonan peminjaman tempat atau pemakaian fasilitas umum, surat permohonan mutasi bagi PNS, surat permohonan untuk melakukan penelitian, surat permohonan menjadi pembicara, surat permohonan gugatan, surat permohonan kepemilikan senjata api, dan masih banyak lagi contoh surat permohonan yang lainnya.
namun Contoh surat permohonan yang umum dan sering kali kita temui misalnya surat permohonan bantuan dana, kerjasama, rekomendasi penggunaan tempat, mutasi dan lain-lain.
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa Contoh Surat Permohonan silahkan simak dibawah ini.

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana


PANITIA PEMBANGUNAN MASJID AN-NUR
Jl. Bojong Sindangraja Jamanis Tasikmalaya 46175

No. : 02 / PP/ III/2015
Lampiran : 1 (Satu)
Hal      : Permohonan Bantuan Dana

Kepada Yth.,
Bapak / Ibu Camat Jamanis
Di
Jakarta

Assalamu'alaikum. Warahmatullahi Wabarakatuh,
Semoga saja Bapak / Ibu Camat selalu sehat wal'afiat dengan lindungan Allah SWT dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.
Sehubungan dengan rencana rehab mushollah Nurjanah yang berada di Jalan Pelopor, Menceng Raya, Cengkareng yang Insya Allah akan dimulai pada :
Hari    : Minggu
Tanggal : 10 Desember 2014
Tempat  : Masjid AN-NUR
Kami selaku Panitia Pembangunan Mushollah Nurjanah mengharapkan Bapak / Ibu Camat dapat memberikan bantuan dana pembangunan demi kelancaran pelaksanaan rehab mushollah dengan harapan dapat menambah kekhusyukan dan kenyamanan beribadah.
Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, semoga Allah SWT selalu meridhoi niat kita semua. Amin. Dan Atas perhatian dan dikabulkannya permohonan ini kami mengucapkan banyak terimakasih.

Tasikmalaya, 10 Agustus 2015
     Ketua                                    Sekretaris



Rahmat Efendi                           Al Ghifari


Contoh Surat Permohonan Izin Tempat Kegiatan


Tasikmalaya, 1 Agustus 2015  
No                    : 05/IV/2015
Hal                   : Permohonan Ijin Penyelenggaraan Kegiatan
Lampiran          : -

Kepada Yth. Ketua RW 08
Di tempat

Dengan hormat, Dalam rangka merayakan HUT Republik Indonesia yang ke-70, kami selaku pengurus karang taruna  RW 08 bermaksud untuk mengadakan kegiatan pertandingan sepak bola pada :

Hari                  : Minggu
Tanggal             : 15 Agustus 2015
Waktu              : Pkl 08.00 WIB – selesai
Tempat : Lapangan sepak bola RW 08  


Demi suksesnya acara tersebut, kami selaku pengurus karang taruna dan sekaligus sebagai panitia kegiatan tersebut meminta ijin dan persetujuan untuk menggunakan lapangan sepak bola RW 08, sehingga acara tersebut dapat berjalan dengan lancar.


Demikian surat ini kami buat, atas ijin yang diberikan kami ucapkan terima kasih.

Ketua Karang Taruna RW 08

Zenal Abidin


itulah beberapa Contoh Surat Permohonan yang telah saya sajikan semoga bermanfaat.