Blog Tentang Bacaan Al Qur'an, Doa - Doa, Tata Cara Ibadah, Contoh Surat, Makalah, Skripsi, Proposal, Pidato, Puisi, Kata Mutiara dan Artikel.

Minggu, 17 Mei 2015

Contoh Surat Pribadi yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pribadi - Surat pribadi yaitu surat yang dibuat dan dipergunakan untuk kepentingan pribadi, seperti surat kepada sahabat, surat ungkapan cinta, dan sebagainya. Surat dapat berupa korespondensi antara sesama teman atau keluarga. 

Untuk membuat surat pribadi, tidak ada aturan baku yang mengikatnya. Jadi pembaca bisa mengarang secara bebasisi surat tersebut, bisa menggunakan bahasa yang tidak formal atau bahasa sehari-hari namun tetap sopan dan sesuai dengan maksud yang ingin disampaikan dalam surat tersebut. Ada kalanya sebagai manusia biasa kita tidak mampu mengucapkan sesuatu melalui mulut kita, entah karena perasaan malu, belum siap, jarak yang memisahkan, atau hal lainnya. Tapi dengan menulis surat, semua yang tak bisa dikatakan secara langsung itu dapat tersampaikan kepada orang yang tepat tanpa harus bertemu muka.
Berdasarkan isi surat, surat pribadi dibagi menjadi 2 :
  • Surat pribadi bersifat tidak resmi ( kekeluargaan, persahabatan dan perkenalan ).
  • Surat pribadi bersifat resmi. ( surat pribadi yang ditujukan kepada wali kelas atau instansi tertentu ).

pada kesempatan kali ini saya akan bagikan kepada anda Contoh Surat Pribadi silahkan simak dibawah ini.


Garut, 1 Juni 2014
Putri
Jln. Cendana No. 12
Jakarta Pusat 10110
Assalamu’alaikum wr. wb.
Apakabar Putri? Semoga kamu dalam kondisi sehat-sehat saja disana. Surat ini saya kirimkan untuk menanyakan kabar kamu. Saya sangat berharap bahwa hari-hari kamu di kota Jakarta baik-baik saja.
Tau nggak Put, sebenarnya aku sudah kangen banget sama kamu. Pengen tau wajah kamu yang sekarang kaya apa. Ngga terasa ternyata kita udah lumayan lama ngga pernah bertatap muka. Di Jakarta pasti banyak perubahan yang terjadi sama kamu. Semoga kamu tetap mengingatku sebagai seorang sahabat yang selalu merindukanmu.
Aku berencana untuk mengunjungi kamu disana akhir bulan ini. Ngga sabar pengen ketemu sama kamu.
Tunggu aku ya.. kalau ngga ada halangan akhir pekan ini aku pasti kesana setelahnya Ujian kenaikan kelas di sekolah.
Udah dulu ya Put.. Jaga diri baik-baik. Jangan sampai sakit. Sampai ketemu di Jakarta :)
Wa’alaikumsalam wr. Wb.
Sahabatmu,
Dian Hardianti
Demikian Contoh Surat Pribadi yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top