Blog Tentang Bacaan Al Qur'an, Doa - Doa, Tata Cara Ibadah, Contoh Surat, Makalah, Skripsi, Proposal, Pidato, Puisi, Kata Mutiara dan Artikel.

Minggu, 05 Juni 2016

Contoh Pidato Menyambut Bulan Ramadhan 1437 H / 2016 M


Assalamu’alakum Wr. Wb.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

Puji syukur mari kita panjatkan kehadirat Allah SWT, shalawat beserta salam akan tetap terlimpahkan kepada suri tauladan umat manusia, tokoh paling berpengaruh di dunia, yakni baginda Rasul: Muhammad Sallallahu Alaihi Wasalam. Tak lupa kepada keluarga, para sahabat, dan semua tabiinny. Mudah-mudahan kita dicatat oleh Allah sebagai umatnya, Amin ya rabbal…. Alamin.

Hadirin yang berbahagia, semua uamt islam pada bulan Ramadhan diwajibkan melakukan puasa sebulan penuh, dikecualikan bagi wanita yang sedang haid, orang gila dan orang yang belum baligh, dan masih banyak contoh yang lain. Adapun mengenai tujuan dari puasa Ramadhan adalah agar menjadikan pribadi yang merasakan itu menjadi yang berbakti kepada Allah SWT. Untuk mengetahui lebih jelasnya akan diwajibkan berpuasa Ramadhan dan Tujuan dari berpuasa Ramadhan itu adalah marilah kita simak akan firman Allah pada Surat Al Baqarah, tepatnya ayat 183:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (QS: Al-Baqarah Ayat: 183)

Para jama'ah yang berbahagia, disamping itu sangatlah penting kita ketahui akan hikmah puasa itu sendiri, yaitu sebagai berikut:

  1. Sebagai tanda terima kasih kepada Allah karena seluruh ibadah mengandung bukti syukur kepada Allah.
  2. Sebagai didikan terhadap kepercayaan
  3. Sebagai didikan terhadap kasih sayang kepada fakir miskin
  4. Sebagai penjaga kesehatan
Demikianlah hikmah puasa dan sebagai penutup dari uraian malam ini, marilah kita perhatikan hadist Qudsi, yang artinya:
"Puasa itu adalah semata-mata untuk-Ku (Allah) dan Akulah (Allah) yang akan memberikan padanya."

Akhirnya marilah kita memanjatkan do'a semoga kita diberi kekuatan yang menjalankannya hingga sebulan penuh. Semoga amalan yang telah kita kerjakan diterima oleh Allah SWT. Amin Ya Rabbal Alamin.


Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 

Selengkapnya tentang Ramadhan :
Kata Kata Ucapan Puasa Ramadhan
Contoh Proposal Kegiatan Bulan Ramadhan
Contoh Pidato Menyambut Bulan Ramadhan
Contoh Puisi Ramadhan
Contoh Pidato Puasa Ramadhan Kuliah Subuh
Contoh Pidato Sambutan Ketua Panitia Kegiatan Ramadhan
Contoh Pembawa Acara Kuliah Subuh Ramadhan
Contoh Pembawa Acara Buka Puasa Bersama
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top