Contoh Pidato Puasa Ramadhan Kuliah Subuh

kali ini saya bagikan contoh pidato puasa ramadhan saat kuliah subuh silahkan simak dibawah ini.

Assalamu’alakum Wr. Wb.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

Puji syukur kita panjatkan kepada Alloh SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga pada siang hari ini kita dapat berkumpul di aula sekolah dengan sehat walafiat tanpa kekurangan sesuatu hal apapun. Sholawat serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad, SAW. yang telah memberikan petunjuk kepada kita sehingga kita berada pada jalan yang di Ridhoi.

Hadirin yang dirahmati Allah
Puasa merupakan hal yang yang sangat penting dalam kehidupan seorang muslim. Puasa juga salah satu  rukun Islam ke 3 yang wajib dilakukan. Puasa berarti menahan diri dari sesuatu yang membatalkannya dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari disertai dengan niat dan syarat tertentu. Sebenarnya arti puasa bukan hanya sekedar menahan makan dan minum saja, tetapi lebih pada sikap empati terhadap orang yang yang tidak mampu.
Puasa mengajarkan kita untuk memahami akan banyak hal sebagai makhluk yang diciptakan oleh Allah. Dengan menahan lapar sepanjang hari kita akhirnya dapat mawas diri bahwa semua sajian makanan yang kita konsumsi setiap hari tidak lain adalah rizki yang diberikan oleh Allah SWT. terhadap kita. Tanpa kemurahan-Nya kita tidak akan bisa memakan dan meminum apa pun. Dengan menahan lapar, Allah membuka mata hati kita bahwa sesungguhnya masih banyak orang lain yang membutuhkan pertolongan kita. Para fakir miskin harus menjadi perhatian kita selaku umat yang bertaqwa. Berikan sedekah kepada mereka sebagai hak yang telah diberikan oleh Allah kepada mereka melalui kita.

Hadirin yang berbahagia
Sungguh tak terhingga pahala yang akan kita dapat dengan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Jangan sesekali diantara kita tidak menjalankan puasa, karena ia benar-benar sangat merugikan kita.
Dengan menjalankan ibadah puasa, kita akan dibimbing untuk menjadi umat yang sholeh dan sholihah serta akan terhindar dari perbuatan-perbuatan yang dapat merugikan kita, baik didunia maupun di akhirat kelak.

Bapak/Ibu dan para hadirin semuanya yang InsyaAllah dimuliakan oleh Allah SWT.
Bulan puasa atau Ramadhan adalah momentum bagi kita untuk melebur semua dosa-dosa kita. Dengan menjalankan ibadah puasa dengan hati yang ikhlas, InsyaAllah dosa-dosa yang telah kita perbuat akan mendapatkan ampunan dari Alllah SWT.
Marilah kita berpusa secara khusyu’ dan jangan pernah meninggalkan ibadah puasa di bulan Ramadhan karena kita akan menjadi orang yang sangat rugi.
Puasa mampu mengajarkan kita akan banyak hal. Dengan berpuasa kita bisa merasakan bagaimana seandainya kita tidak diberikan rizqi oleh Allah SWT. bagaimana seandainya kita tidak bisa makan, bagaimana penderitaan orang-orang yang hidup dengan ketidakcukupan, dsb. Puasa dapat membuka mata hati kita untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT selaku dzat yang maha pengasih dan maha pemurah.
Jangan pernah meninggalkan ibadah puasa, karena ia merupakan sebuah kerugian yang sungguh tak terhingga. Marilah meningkatkan ibadah kita di bulan yang penuh ampunan ini. Dan semoga amal ibadah kita akan diterima dsisi-Nya, Amin.

Hadirin yang saya hormati

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang penuh bahagia ini, semoga dapat memberikan manfaat kepada kita semua, Amin.
 
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.