Bacaan Ayat Kursi Arab Latin dan Terjemahannya

Kali ini, saya akan berbicara tentang Ayat Kursi, atau yang dikenal sebagai Ayatul Kursi, yang merupakan ayat ke-255 dalam Surah Al-Baqarah dalam Al-Qur'an. Ayat Kursi dianggap sebagai ayat yang paling agung dalam Al-Qur'an, sebagaimana diriwayatkan dalam hadits dari Ubay bin Ka'ab. Ayat ini membawa pesan tentang keesaan Tuhan dan kekuasaan mutlak-Nya atas segala sesuatu, tanpa adanya kesulitan sedikit pun dalam memeliharanya.

Ayat Kursi bukan hanya sekadar ayat bacaan, tetapi juga merupakan amalan yang dapat membantu terkabulnya hajat kita. Namun, untuk mendapatkan manfaat sejati dari Ayat Kursi, kita harus membacanya secara istiqomah dan dengan penuh ma'rifat (pengetahuan) kepada Allah, karena khasiatnya tidak akan muncul tanpa pemahaman yang mendalam.

Ayat Kursi terdiri dari sepuluh kalimat yang mengandung tauhidullah (pengakuan atas keesaan Allah), pengagungan terhadap-Nya, dan penjelasan tentang keesaan-Nya dalam kesempurnaan dan kebesaran. Dalam ayat ini terdapat juga lima Asma'ul Husna (nama-nama indah Allah) dan lebih dari dua puluh sifat Allah. Ayat Kursi dimulai dengan menyebut kemuliaan Allah dalam peribadatan dan menegaskan kesalahan ibadah kepada selain-Nya. Kemudian, ayat ini menjelaskan kemahahidupan Allah yang sempurna yang tidak diikuti dengan kesirnaan.

Ayat Kursi juga dianggap sebagai salah satu doa dengan derajat tertinggi di antara seluruh surat atau doa dalam Al-Qur'an. Meskipun semua ayat dalam Al-Qur'an adalah mulia, Ayat Kursi memiliki tempat istimewa karena bisa dijadikan pegangan hidup untuk terkabulnya doa dan hajat, keberkahan, kelimpahan, kelancaran amalan, dan berkah dalam rezeki dan usaha.

Dalam Ayat Kursi terkandung kebesaran Allah, keagungan-Nya, kekuasaan-Nya, dan ilmu-Nya yang meliputi seluruh langit dan bumi. Banyak umat Muslim telah merasakan manfaat mengamalkan Ayat Kursi. Fadhilah (keutamaan), karomah (keajaiban), hikmah (kebijaksanaan), manfaat, dan khasiatnya telah dirasakan oleh mereka yang mengamalkannya secara istiqomah.

Bagi Anda yang ingin membaca Ayat Kursi secara online, berikut ini adalah Bacaan Ayat Kursi dalam Arab, Latin, dan Terjemahannya:
Bacaan Ayat Kursi Arab Latin dan Terjemahannya

Bacaan Ayat Kursi Arab Latin dan Terjemahannya

- Bacaan Ayat Kursi Arab

اَللهُ لآَإِلهَ إِلاَّهُوَالْحَىُّ الْقَيُّوْمُ ج لاَتَأْخُذُه سِنَةٌ وَلاَنَوْمٌ ط لَهُ مَافِى السَّموَاتِ وَمَافِى اْلاَرْضِ قلى مَنْ ذَالَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَه اِلاَّبِاِذْنِه ط يَعْلَمُ مَابَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ ج وَلاَيُحِيْطُوْنَ بِشَيْئٍ مِنْ عِلْمِه اِلاَّبِمَاشَآءَ ج وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّموَاتِ وَاْلاَرْضَ ج وَلاَيَؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَالْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ 

- Bacaan Ayat Kursi Latin

Allaahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuum, laa ta-khudzuhuu sinatuw walaa nauum, lahuu maa fissamaawaati wamaa fil ardhi, man dzalladzii yasyfa'u 'indahuu illaa bi idznih, ya'lamu maa baina aydiihim wamaa khalfahum, walaa yuhiithuuna bisyai-inm min 'ilmihii ilaa bimaa syaa, wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal ardhi, walaa ya-uuduhuu hifzhuhumaa, wahuwal 'aliyyul azhiim.

- Terjemahan Ayat Kursi

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS : Al-Baqarah : 255) 

Silahkan simak video dibawah ini:


Hikmah, Manfaat dan Keutamaan Membaca Ayat Kursi

  1. Ayat Kursi adalah Ayat yang Paling Agung dalam Al-Quran
    Sebagaimana yang ada pada pertanyaan yang diajukan oleh Rasulullah kepada Ubay bin Ka’ab, “Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah?” Ubay menjawab, “Ayat kursi.” Maka beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam menepuk dada Ubay kemudian berkata, “Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR. Muslim).
  2. Ayat Kursi dikategorikan sebagai ayat yang paling agung karena di dalamnya terdapat nama Allah yang paling agung, yaitu Al Hayyu dan Al Qayyum. Namun ulama berselisih pendapat manakah nama Allah yang paling agung.
  3. Ayat Kursi Keagungannya Melebihi Langit dan BumiRasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah)”Sufyan ats-Tsauri berkata, “Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi” (HR. At-Tirmidzi)
  4. Salah Satu Bacaan Dzikir Sebelum Tidur
    Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi” (HR. Al-Bukhari).
    Jadikanlah ayat kursi sebagai dzikir rutin yang dibaca ketika hendak tidur. Selain itu, ayat kursi juga termasuk bacaan dzikir pagi dan petang.
  5. Ayat Kursi adalah Salah Satu Sebab Masuk Surga
    Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian” (HR. An Nasa-i, dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani).
Beberapa hadits di atas menunjukkan keutamaan Ayat Kursi yang sangat luar biasa. Selain keutamaan diatas, ayat kursi juga memiliki banyak fadhilah/hikmah/manfaat bagi siapa saja yang mengamalkannya, diantaranya :
  1. Siapa yang membaca ayat Kursi dengan istikamah setiap kali selesai Sholat fardhu, setiap pagi dan petang, setiap kali masuk kerumah atau kepasar, setiap kali masuk ke tempat tidur dan musafir, insyaallah akan diamankan dari godaan syaitan dan kejahatan para raja yang kejam, diselamatkan dari kejahatan manusia dan kejahatan binatang yang memudharatkan. Terpelihara dirinya dan keluarganya, anak-anak nya, hartanya, rumahnya dari kecurian, kebakaran dan kekaraman.
  2. Siapa yang mengamalkan membaca ayat kursi, setiap kali membaca sebanyak 18 kali, inyaallah ia akan hidup berjiwa tauhid, dibukakan dada dengan berbagai hikmat, dimudahkan rezekinya, dinaikkan martabatnya, diberikan kepadanya pengaruh sehingga orang selalu segan kepadanya, diperlihara dari segala bencana dengan izin Allah SWT
  3. Siapa yang mengamalkan membaca ayat Kursi sebanyak anggota sujud (7 kali) setiap hari ada benteng pertahanan Rasulullah SAW.
  4. Siapa membaca ayat Kursi sebanyak hitungan kata-katanya (50 kali), di tiupkan pada air hujan kemudian diminumnya, maka insyaallah Allah SWT akan mencerdaskan akalnya dan memudahkan faham pada pelajaran yang dipelajari.
  5. Siapa yang membaca ayat Kursi selepas Sholat fardhu 5 waktu , Tuhan akan mengampunkan dosanya. Sesiapa yang membacanya ketika hendak tidur, terpelihara dari gangguan syaitan, dan sesiapa yang membacanya ketika ia marah, maka akan hilang rasa marahnya.
  6. Siapa yang membaca ayat Kursi sebanyak hitungan hurufnya (170 huruf), maka insyaallah, Allah SWT akan memberi pertolongan dalam segala hal dan menunaikan segala hajatnya, dam melapangkan pikirannya, diluluskan rezekinya, dihilangkan kedukaannya dan diberikan apa yang dituntutnya.
  7. Barang siapa membaca ayat Kursi ketika hendak tidur, maka Tuhan mewakilkan dua malaikat yang menjaga selama tidurnya sampai pagi.
  8. Siapa yang masuk kerumahnya dan membaca ayat Kursi pada empat penjuru rumahnya dan mengharapkan dengan itu menjadi penjaga dan pelindung syaitan.
  9. Siapa yang takut terhadap serangan musuh hendaklah ia membuat garis lingkaran dengan isyarat nafas sambil membaca ayat Kuris. Kemudian ia masuk bersama jamaahnya kedalam garis lingkaran tersebut menghadap kearah musuh, sambil membaca ayat Kursi sebayak 50 kali, atau sebanayk 170 kali, insyaallah musuh tidak akan melihatnya dan tidak akan memudharatkannya.
  10. Siapa yang membaca ayat Kursi sebayak 1000 kali dalam sehari semalam selama 40 hari, maka demi Allah, demi Rasul, demi alQuran yang mulia, Tuhan akan membukakan baginya pandangan rohani, dihasilkan yang dimaksud dan diberi pengaruh kepada manusia.
Demikian Teks Bacaan Ayat Kursi Arab Latin dan Terjemahannya keutamaan dan hikmah dari ayat kursi yang sangat agung dan luar biasa, sebagaimana kami rangkum dari berbagai sumber. Ayat Kursi sendiri bukanlah ayat yang panjang dan sulit untuk dihapal. Maka dari itu, pastikan kalau kita sudah menghafal ayat kursi. semoga Allah memudahkan bagi para pembaca sekalian dalam mengamalkannya secara istiqomah dan menjadi ladang pahala bagi para pembaca. Salam Ukhuwah!