Blog Tentang Bacaan Al Qur'an, Doa - Doa, Tata Cara Ibadah, Contoh Surat, Makalah, Skripsi, Proposal, Pidato, Puisi, Kata Mutiara dan Artikel.

Jumat, 20 Mei 2016

Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur Arab Latin dan Artinya

Bacaan Doa Sebelum Tidur dan Setelah Bangun Tidur Arab Latin dan Artinya - kali ini saya posting Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah bangun tidur. setiap orang pasti perlu tidur untuk beristirahat dan memulihkan tenaga. dan kita sebagai orang muslim diperintahkan untuk menjadikan tidur sebagai ibadah. Caranya melaksanakan adab tatakrama ketika mau tidur yang diantaranya membaca doa sebelum dan sesudah bangun tidur. Membaca doa sebelum tidur agar tidur kita selalu dilindungi Allah SWT dan terhindar dari mimpi buruk atau gangguan makhluk ghaib. tentu saja Allah SWT yang akan terus menjaga kita apabila kita membaca doa sebelum tidur. Selain dari doa sebelum tidur terdapat juga doa bangun dari tidur atau doa setelah tidur karena kita telah terbangun dari tidur kita, maka kita harus membacanya. Bacaan sebelum tidur dan doa bangun tidur merupakan doa yang baik diajarkan dari anak-anak. karena mungkin ada beberapa pembaca yang juga belum hafal dan ingin mempelajarinya. Berikut ini saya sajikan bacaan doa sebelum dan sesudah bangun tidur arab latin dan artinya silahkan simak dibawah ini.

Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur Arab Latin dan Terjemahannya

- Doa Sebelum Tidur
بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ

BISMIKAL LOOHUMMA AHYAA WA AMUUTU 
Artinya: Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan aku mati.

- Doa Setelah Bangun Tidur
اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

AL HAMDU LILLAAHIL LADZII AHYAANAA BA'DA MAA AMAA TANAA WA ILAIHIN NUSYUUR
Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan

Ketika kita tidur, jiwa kita untuk sesaat ada dalam genggaman-Nya dan akan dikembalikan-Nya, sehingga kita bisa bangun dari tidur. Kita tidak akan bangun bila Ia tidak mengembalikannya pada jasad selamanya,dengan kata lain disebut mati. Alloh Swt Berfirman:

وَهُوَ الَّذِي يَتَوَفَّاكُمْ بِاللَّيْلِ وَيَعْلَمُ مَا جَرَحْتُمْ بِالنَّهَارِ ثُمَّ يَبْعَثُكُمْ فِيهِ لِيُقْضَى أَجَلٌ مُسَمًّى ثُمَّ إِلَيْهِ مَرْجِعُكُمْ ثُمَّ يُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Artinya : Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan pada siang hari, kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umur (mu) yang telah ditentukan, kemudian kepada Allah-lah kamu kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang dahulu kamu kerjakan. (QS. Al-An'am : 60)

Ibnu Katsir rahimahullah dalam tafsirnya menyatakan, "Allah Ta'ala mengabarkan bahwa Dia mematikan hamba-hamba-Nya dalam tidur mereka di waktu malam. Firman Allah swt. :

اللَّهُ يَتَوَفَّى الأنْفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَالَّتِي لَمْ تَمُتْ فِي مَنَامِهَا فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضَى عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الأخْرَى إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى

Artinya: "Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan. (QS. Al Zumar : 42)

Dalam doa di atas Nabi Saw mengingatkan adanya hari kebangkitan setelah kematian sebagaimana manusia bangun dari tidurnya. Semasa kita tidur sebenarnya syaitan telah membuat tiga ikatan. Sebagaimana hadis dari Abu Hurairah r.a katanya yang artinya:
“Syaitan itu memberikan ikatan pada hujung kepala seseorang di antara engkau semua sebanyak tiga ikatan, jikalau ia tidur. Ia membuat ketentuan pada setiap ikatan itu dengan kata-kata yang berbunyi: “Engkau memperoleh malam panjang, maka tidurlah terus!” Jikalau orang itu bangun lalu berzikir kepada Allah ta’ala maka terurailah sebuah ikatan dari dirinya, selanjutnya jikalau dia terus berwudhu’, lalu terurai pulalah ikatan satunya lagi dan seterusnya, jikalau ia bersolat, maka terurailah ikatan seluruhnya, sehingga berpagi-pagi ia telah menjadi bersemangat serta berhati gembira. Tetapi jikalau tidak sebagaimana yang tersebut di atas, maka ia berpagi-pagi menjadi orang yang berhati buruk serta pemalas.” (HR. Muttafaqun ‘alaih).

Demikianlah yang telah saya sampaikan tentang Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur Arab Latin dan Artinya semoga dapat diamalkan oleh para pembaca sehingga kita tidur sampai bangun kembali selalu dilindungi oleh Allah Swt.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top