Blog Tentang Bacaan Al Qur'an, Doa - Doa, Tata Cara Ibadah, Contoh Surat, Makalah, Skripsi, Proposal, Pidato, Puisi, Kata Mutiara dan Artikel.

Jumat, 20 Mei 2016

Bacaan Doa untuk Orang Sakit Arab Latin dan Artinya

Bacaan Doa untuk Orang Sakit Arab Latin dan Artinya - kali ini saya posting Bacaan Doa untuk Orang Sakit. Setiap orang pasti pernah merasakan sakit yaitu dimana kondisi tubuh tidak baik secara fisik, namun harus kita sadari bahwa semua penyakit itu milik Allah sedangkan Allah maha kuasa atas segala sesuatu. maka dari itu selain kita minum obat atau pergi untuk diperiksa dokter kita juga harus berdoa kepada Allah untuk memohon kesembuhan. karena setiap penyakit pasti bisa disembuhkan apapun nama dan jenisnya Hanya saja, mungkin manusia belum menemukan obat penyembuhnya. Rasulullah saw secara tegas telah menyatakan setiap kali Allah Swt. menurunkan penyakit, pasti Dia menyertakan obatnya. Sebagaimana yang beliau sabdakan yang artinya: ”Setiap kali Allah menurunkann penayakit, pasti Dia menurrunkan pula penyembuhnyaa. Yang hanya diketahui oleh orang yang mmengetahuinya, dan diabaikan oleh orang yang tidak mengetahuinya”. Pernyataan Nabi Saw ini bersifat umum yang mencakup segala macam penyakit termasuk penyakit mematikan maupun penyakit yang tidak bisa disembuhkan oleh para dokter karena belum ditemukan obatnya. Padahal sebenarnya Allah Swt telah menurunkan obat penyembuh untuk penyakit tersebut. namun kita tidak cukup untuk hanya pergi ke dokter atau membeli obat di apotek karena dokter hanya mendiagnosa dan memberikan resep obatnya dan itu belum tentu pasti sembuh. Disinilah peran doa sangat dibutuhkan. Artinya hanya bersandar pada obat saja tidak cukup. Tapi, juga harus dibarengi dengan doa kepada Allah Swt Sebab dia yang menciptakan penyakit sekaligus obat penyembuhnya. Adapun bagi yang menjenguk orang yang sakit itu hukumnya sunnah dan dianjurkan untuk mendoakan orang yang sakit tersebut. Dinyatakan dalam sebuah hadis dari Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu secara marfu’.

إذا دخلتَ على مريضٍ فَمُرْه يدعو لك فإن دعاءَه كدعاءِ الملائكةِ

Apabila kamu menjenguk orang sakit, minta dia untuk mendoakanmu. Karena doanya seperti doa Malaikat.
Dan berikut ini saya sajikan Bacaan Doa untuk Orang Sakit Arab Latin dan Artinya silahkan para pembaca simak dibawah ini.

Bacaan Doa untuk Orang Sakit Arab Latin dan Terjemahannya

Doa ini sesuai apa yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada para sahabatnya sebagaimana sabdanya yang artinya: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah meminta perlindungan kepada Allah untuk anggota keluarganya. Beliau mengusap dengan tangan kanannya dan berdoa :

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

ALLAHUMMA RABBANNAASI ADZHIBIL BA'SA WASY FIHU. WA ANTAS SYAAFI, LAA SYIFAA-A ILLA SYIFAAUKA, SYIFAA-AN LAA YUGHAADIRU SAQOMAA 

Artinya: Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam hadits lain nabi juga mengajarkan doa. sabdanya yang artinya: Dari Abu ‘Abdillah ‘Utsman bin Abil ‘Ash radhiyallahu ‘anhu, dia mengadukan kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang rasa sakit yang ada pada dirinya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadanya: Letakkanlah tanganmu di atas tempat yang sakit dari tubuhmu, lalu bacalah sebanyak tiga kali

بِسْمِ اللهِ

BISMILLAH 
Artinya: Dengan menyebut nama Allah

kemudian bacalah sebanyak tujuh kali:

أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A'UUDZU BI 'IZZATILLAHI WA QUDRATIHI MIN SYARRI MAA AJIDU WA UHAADZIRU 
Artinya: Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan (HR. Muslim)

Jika ada orang yang sakit anda disunahkan untuk menjenguknya hal ini bertujuan untuk menghibur, meringankan beban yang diderita dan juga untuk membacakan doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh. Menengok orang sakit sangat dianjurkan oleh Rasulullah. maka dari itu tengoklah bila ada saudara, tetangga atau teman yang sakit.

Demikianlah yang telah saya sampaikan tentang Bacaan Doa untuk Orang Sakit Arab Latin dan Terjemahannya semoga dapat menambah ilmu dan bermanfaat bagi para pembaca serta dapat diamalkan untuk kebaikan hablum minannas.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top