Blog Tentang Bacaan Al Qur'an, Doa - Doa, Tata Cara Ibadah, Contoh Surat, Makalah, Skripsi, Proposal, Pidato, Puisi, Kata Mutiara dan Artikel.

Jumat, 20 Mei 2016

Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Hajat Lengkap

Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Hajat Lengkap - kali ini saya posting tentang tata cara, bacaan niat dan doa sholat hajat, perlu diketahui Sholat Hajat adalah shalat yang dikerjakan agar hajat atau keinginan kita dikabulkan Allah. Shalat hajat ialah shalat yang dikerjakan karena mempunyai hajat agar diperkenankan hajatnya oleh Allah. hajat ini dikerjakan beberapa kali. Biasanya sampai 7 malam berturut-turut. Shalat sunah hajat dikerjakan 2 sampai 12 rakaat dengan tiap 2 rakaat satu salam, kemudian berdoa memohon sesuatu yang menjadi hajatnya. waktu pelaksanaannya boleh siang ataupun malam hari, asal bukan pada waktuwaktu terlarang. Akan tetapi waktu yang paling baik adalah sepertiga malam yang terakhir yaitu antara pukul 1 dini hari sampai menjelang shubuh. Cara pelaksanaan Shalat Hajat sama dengan cara pelaksanaan shalat fardhu baik bacaan maupun gerakannya yang membedakannya adalah niatnya. Ada doa-doa khusus yang dipanjatkan setelah selesai sholat hajat. Namun alangkah baiknya jangan langsung berdoa, melainkan membaca wirid dan dzikir terlebih dahulu. Seperti membaca Istighfar, membaca sholawat nabi serta bacaan wirid dan dzikir lainnya baru kemudian diakhiri dengan doa dan tentu syaratnya harus ikhlas karena Allah Swt. Dan berikut ini saya sajikan Tata Cara, Bacaan Niat dan Doa Sholat Hajat lengkap dengan bahasa arab, tulisan latin dan terjemahannya silahkan simak dubawah ini.

Tata Cara, Bacaan Niat dan Doa Sholat Hajat Arab Latin dan Terjemahannya

- Niat Shalat Hajat
Adapun Niat Shalat Hajat ialah sebagai berikut:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

USHALLII SUNNATAL HAAJATI RAK’ATAINI LILLAHI TA’ALAA.
Artinya : Aku (niat) shalat sunat hajat 2 rakaat, karena Allah Ta’ala

Seperti sholat pada umumnya setelah takbiratul ihram disertai niat dalam hati yaitu membaca doa iftitah kemudian surat al fatihah lalu membaca surat pendek. Adapun suratnya yang harus dibaca surat apa saja yang dikehendaki. Akan tetapi sebaiknya membaca surat berikut.
1. Pada rakaat pertama setelah surat Al-Fatihah dibaca surat Al-Kaafirun 3 kali, dan pada rakaat kedua surat Al-Ikhlash 3 kali.
2. Pada rakaat pertama setelah surat Al-Fatihah dibaca ayat kursi 1 kali dan pada rakaat kedua surat Al-Ikhlash 1 kali.

Setelah selesai membaca surat, sama halnya seperti sholat biasa yaitu ruku, i'tidal sujud sampai dengan tasyahud akhir dan membaca salam.

Jika telah selesai melaksanakan sholat hajat sebaiknya membaca:
1. Istighfar sebanyak 100 kali

اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمِ 

ASTAGHFIRULLAHAL ADHIIM
Artinya: Aku memohon ampun pada Allah yang maha agung

2. Shalawat kepada Nabi Muhammad sebanyak 100 kali, yaitu:

اللھم صــل عــلى ســیدنا محمد صــلاة الرضــا وارض عــن اصحابھ رضـــاءالرضــا

ALLAHUMMA SHALLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN SHALAATARRIDHAA, WARDHA‘AN ASHHAABIHI RIDHAAR RIDHAA.
Artinya : Wahai Allah! limpahkanlah rahmat yang penuh sengan keridhaan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, dan ridhailah para sahabatnya dengan sepenuhnya.

3. Membaca Doa Shalat Hajat

Bacaan Doa Sholat Hajat Arab Latin dan Terjemahannya

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لاَتَدَعْ لَنَا ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِىَ لَكَ رِضَا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ 

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya : Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.

4. Setelah membaca doa langsung bersujud sambil membaca dzikir ini sebanyak-banyaknya yaitu:

لاالھ الا انت سبحانك اني كنت من الظالمین

LAA ILAAHA ILLAA ANTA SUBHAANAKA INNI KUNTU MINAZH-ZHAALIMIIN.
Artinya: Tak ada tuhan selain Engkau, mahasuci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zhalim.

5. Setelah itu masih dalam posisi sujud bacakan semua keinginan kita kepada Allah dan tentunya dengan ikhlas.

Dengan melaksanakan sholat hajat, maka akan lebih memahami kedudukan kita sebagai hamba yang mempunyai daya selain atas kehendaknya. Demikianlah yang telah saya sampaikan tentang Tata Cara, Bacaan Niat dan Doa Sholat Hajat Arab Latin dan Artinya semoga dapat diamalkan oleh para pembaca dan juga semoga segala keinginan kita dikabulkan Allah Swt.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top