Blog Tentang Bacaan Al Qur'an, Doa - Doa, Tata Cara Ibadah, Contoh Surat, Makalah, Skripsi, Proposal, Pidato, Puisi, Kata Mutiara dan Artikel.

Jumat, 20 Mei 2016

Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Taubat Lengkap

Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Taubat Lengkap - kali ini saya posting tentang tata cara, bacaan niat dan doa sholat taubat. Sholat Taubat merupakan salah satu sholat sunah yang dilaksanakan untuk memohon ampun pada Allah atas dosa yang telah diperbuat atau merasa berbuat dosa. Shalat taubat juga merupakan ungkapan penyesalan seorang atas perbuatan dosa yang telah dilakukan dan sebagai pernyataan bahwa dirinya akan kembali kepada ketaatan, dan menjauhi perbuatan dosa sejauh-jauhnya. Rasulullah Saw bersabda yang artinya: Sesiapa yang pernah melakukan perbuatan dosa, bersegeralah berwuduk kemudian dirikan solat dan mohonlah keampunan kepada Allah Swt. Allah pasti akan menerima permohonannya itu. Sholat Taubat bisa dilakukan dua, empat atau enam rakaat pada waktu kapan saja. Siang maupun malam. Kecuali pada waktu-waktu yang dilarang untuk melakukan shalat sunnah. tetapi lebih baik sepertiga malam terakhir karena suasana lebih tentram dan sunyi. Sebagai manusia biasa sudah tentu kita pernah melakukan kesalahan baik yang di sengaja ataupun yang tidak di sengaja, karena kita bukan terlahir sebagai malaikat yang Alloh ciptakan untuk menjadi makhluk yang selalu taat pada-Nya. Ada banyak cara untuk meminta ampunan kepada Alloh diantaranya dengan tidak melakukan kesalahan yang ke dua kalinya, membaca istighfar dan senantiasa bersedih atas kesalahan di masa lalu juga dengan melakukan Shalat Sunat Taubat yang akan saya bahas kali ini. Setelah kita melaksanakan sholat taubat alangkah baiknya jika senantiasa memperbanyak bacaan istigfar, al-Qur'an dan perbanyak dzikir agar dosa kita diampuni oleh Alloh SWT. 
Adapun berikut ini saya sajiikan tata cara, bacaan niat dan doa sholat taubat arab latin dan terjemahannya silahkan simak dibawah ini.
.
Tata Cara, Bacaan Niat dan Doa Sholat Taubat Arab Latin dan Terjemahannya

- Tata Cara Sholat Taubat :

1. Takbiratul Ihram disertai dengan membaca niat sholat taubat dalam hati. Shalat sunat taubat ini dikerjakan dua rakaat. Adapun niatnya adalah:

Bacaan Niat Sholat Taubat Arab Latin dan Terjemahannya

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّوْبَةَ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

USHALLII SUNNATAT TAUBATI RAK’ATAINI LILLAHI TA’A’AALAA.
Artinya : aku (niat) shalat sunat taubat 2 rakaat, karena Allah Taala.

Jika menjadi makmum, maka setelah kata “RAK’ATAINI” ditambah dengan kata “MA’MUUMAN” (mengikuti imam), “IMAAMAN” (menjadi imam)

2. Cara pelaksanaannya sama denga shalat fardhu perbedaannya hanyalah pada niat. Setelah Takbiratul Ihram seperti mengerjakan sholat biasa yaitu membaca doa iftitah kemudian  surat al fatihah lalu membaca surat pende. Adapun surat yang harus dibaca surat apa saja yang telah dikuasai. Akan tetapi sebaiknya dibaca: 
  • Pada rakaat pertama, sesudah surat Al-Fatihah, dibaca surat Al-kafirun 
  • Pada rakaat ke dua, sesudah surat Al-Fatihah, dibaca surat Al-ikhlash  
3. Kemudian Ruku', I'tidal, Sujud, Tasyahud dan sampai salam dilakukan seperti sholat pada umumnya.

4. Sholatlah dengan khusu' mengingat-ingat dosa yang telah dilakukan selama ini.

Apabila sholat taubat telah selesai dilaksanakan dianjurkan untuk membaca Istighfar sebanyak 100x 

 اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمِ
Setelah membaca istighfar 100x kemudian membaca istighfar di bawah ini:

استغفرالله العظيم الذى لااله الاهو الحي القيوم واتوب اليه توبة عبد ظالم لايملك لنفسه ضراولا نفعا ولاموتا ولاحياة ولانشورا

Artinya :  Saya memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah, Tuhan yang senantiasa hidup dan mengawasi, saya memohon taubat kepada-Nya sebagaimana taubatnya hamba yang dholim yang berdosa tidak memiliki daya upaya untuk berbuat mudharat atau manfaat untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti

dan setelah itu kemudian membaca doa sayyidul istighfar berikut ini.

اللهم أنت ربيى لااله الا انت خلقتنى واناعبدك وانا على عهدك ووعدك مااستطعت. اعوذبك من شرّ ماصنعت ابوء لك بنعمتك علىّ وابوء بذنبي فاغفرلى لايغفر الذّنوب الا انت

Artinya: Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan.

Lalu setelah itu membaca Doa Sholat Sunat Taubat berikut ini:
Bacaan Doa Sholat Taubat Arab Latin dan Terjemahannya

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ تَوْ فِيْقَ اَهْلِ الْهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّ غْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى اَخَافَكَ . اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ مَخَا فَةً تَحْجُزُ نِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَا عَتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى اُنَا صِحَكَ فِىالتَّوْ بَةِ خَوْ فًا مِنْكَ وَحَتَّى اَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَحَتَّى اَتَوَ كَّلَ عَلَيْكَ فَ اْلاُمُوْرِ كُلِّهَاوَحُسْنَ ظَنٍّ بِكَ . سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْرٍ

Artinya: Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu Taufiq(pertolongan)nya orang-orang yang mendapatkan petunjuk(hidayah),dan perbuatannya orang-orang yang bertaubat, dan cita-cita orang-orang yang sabar, dan kesungguhan orang-orang yang takut, dan pencariannya orang-orang yang cinta, dan ibadahnya orang-orang yang menjauhkan diri dari dosa (wara’), dan ma’rifatnya orang-orang berilmu sehingga hamba takut kepada-Mu. Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu rasa takut yang membentengi hamba dari durhaka kepada-Mu, sehingga hamba menunaikan keta’atan kepada-Mu yang berhak mendapatkan ridho-Mu sehingga hamba tulus kepada-Mu dalam bertaubat karena takut pada-Mu, dan sehingga hamba mengikhlaskan ketulusan untuk-Mu karena cinta kepada-Mu, dan sehingga hamba berserah diri kepada-Mu dalam semua urusan, dan hamba memohon baik sangka kepada-Mu. Maha suci Dzat Yang Menciptakan Cahaya.

Demikianlah yang telah saya sampaikan tentang Tata Cara, Bacaan Niat dan Doa Sholat Taubat Arab Latin dan Terjemahannya semoga dapat bermanfaaf bagi para pembaca dan juga semoga Allah Swt mengampuni kita semua.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top