Blog Tentang Bacaan Al Qur'an, Doa - Doa, Tata Cara Ibadah, Contoh Surat, Makalah, Skripsi, Proposal, Pidato, Puisi, Kata Mutiara dan Artikel.

Selasa, 20 September 2016

Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Islam 1438 Hijriyah Arab Latin dan Artinya

Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriyah / Islam 1438 H Arab Latin dan Artinya - Tidak terasa kita akan sudah berada di akhir tahun 1437 H Sehingga kita akan memasuki tahun 1438 H. Pada kesempatan kali ini saya posting bacaan doa akhir dan awal tahun islam 1 muharram tahun hijriyah atau tahun qamariyah yang merupakan tahun agama islam. Bulan Muharram merupakan bulan yang pertama dalam tahun baru Islam (tahun Hijrah). Sebelum baginda Rasulullah SAW. berhijrah dari kota Makkah ke Yatsrib, waktu perkiraan bulan masih dibuat mengikut tahun Masihi. Hijrahnya baginda Rasulullah SAW. memberi kesan yang sangat besar kepada Islam. Muharram mempunyai arti ‘dipantang’ atau ‘diharamkan’, yaitu Allah Swt melarang dalam melakukan pertumpahan darah atau peperangan. Saudara Muslimin dan Muslimat yang dirahmati oleh Allah. Kita pastinya akan memasuki 1 Muharram atau Tahun baru Islam (Hijriyah). dan juga mengakhiri bulan Dzulhijjah. Tahun baru hijriyah atau tahun baru islam adalah tahun yang digunakan oleh seluruh umat islam di dunia sama seperti tahun masehi pada tahun hiriyah ini terdapat tiga puluh hari dalam satu bulan, perbedaannya yaitu jika pada tahun masehi awal dari hari itu adalah tengah malam seadangkan pada tahun hiriyah awal dari hari yaitu setelah maghrib atau pukul enam petang. ada do'a yang biasa dibacakan umat islam pada akhir tahun hijriyah setelah sholat ashar dan do'a awal tahun hijriyah setelah sholat maghrib. berikut bacaan doa awal tahun dan akhir tahun hijriyah silahkan simak dibawah ini.

Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriyah Arab Latin dan Terjemahannya

Doa akhir tahun hijriah dibaca sebanyak tiga kali pada akhirnya waktu ashar tanggal 29 atau 30 bulan Dzulhijjah. Berikut bacaan doa akhir tahun dibawah ini.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَصَلىَّ اللهُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وِلَمْ تَنْسَهُ وَحَلُمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْ رَتِكَ عَلَى عُقُوْ بَتِيْ وَدَعَوْ تَنِيْ اِلَى التَّوْ بَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَاِنِّيْ اَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَلِمْتُهُ فِيْهَا مِمَّاتَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ يَا كَرِيْمُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ. اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّيْ وَلاَتَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلىَّ اللهُ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ وَّعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim, Wa shallallaahu ‘ala sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma maa ‘amiltu fi haadzihis-sanati mimmaa nahaitani ‘anhu falam atub minhu wa lam tardhahu wa lam tansahu wa halamta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa uquubati wa da’autani ilattaubati minhu ba’da jur’ati alaa ma’siyatika fa inni astaghfiruka fagfirlii wa maa ‘amiltu fiihaa mimma tardhaahu wa wa’adtani ‘alaihits-tsawaaba fas’alukallahumma yaa kariimu yaa dzal-jalaali wal ikram an tataqabbalahuu minni wa laa taqtha’ rajaai minka yaa karim, wa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa ‘aalihii wa sahbihii wa sallam

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW, beserta para keluarga dan sahabatnya. Ya Allah, segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu, sedang kami belum bertaubat, padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya dan Engkau telah mengajak saya untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat. Karena itu ya Allah, saya mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan-Mu. Segala apa yang telah saya kerjakan selama tahun ini berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala. Saya mohon kepada-Mu wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan semoga berkenan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada-Mu wahai Dzat Yang Maha Pemurah. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad sekeluarga dan para sahabatnya.

Doa awal tahun hijriah dibaca sebanyak tiga kali sehabis shalat magrib pada tanggal 1 Muharram. Berikut doa awal tahun hijriyah.

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. وَصَلَّي اللّهُ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. اللّهُمَّ أَنْتَ الآَبَدِيُّ القَدِيْمُ الآَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وُجُوْدِكَ المُعَوَّلِ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ نَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ وَجُنُوْدِهِ وَالْعَوْنَ عَلَي هَذِهِ النَّفْسِ الآَمَّارَةِ بِِاالسُّوْءِ وَالإِشْتِغَالِ بِمَايُقَرِّبُنِي إِلَيْكَ زُلْفَي يَاذَالجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ يَاأَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ وَصَلَّى اللّهُ عَلَى سَيِّدِنّاوَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَ سَلَّمَ. امِيْن

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim. Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa ‘alaa fadhlikal-’azhimi wujuudikal-mu’awwali, wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya. Ya Allah Engkaulah yang abadi, dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu tempat bergantung. Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Kami memohon kepada-Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta para keluarganya dan sahabatnya.

Yang kita harapkan hanya rahmat, keridhoan dan ampunan-Nya pada tahun yang sudah kita lalui dan mengharap yang terbaik pada tahun yang akan datang. Demikianlah yang telah saya sampaikan tentang bacaan doa akhir dan awal tahun baru islam 1438 Hijriyah semoga dapat menambah wawasan dan diamalkan untuk memohon ampunan tahun kebelakang dan memohon barokah tahun kedepan.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top