CONTOH PROPOSAL PERMOHONAN HEWAN QURBAN IDUL ADHA

Contoh Proposal Permohonan Hewan Qurban / kurban - Kali ini admin postingkan contoh proposal permohonan hewan qurban silahkan simak di bawah ini.


PANITIA QURBAN IDUL ADHA 1440 H
MASJID AL-HIDAYAH MELIKAN
Alamat : Dusun Melikan, Desa Melikan, Kec. Rongkop, Gunungkidul HP. 081328633442

No.      : _____________________
Hal      : permohonan hewan qurban
Kepada Yth. __________________________
di
tempat


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat dan karuniaNya kepada kita semua. Shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang syafaatnya senantiasa kita nantikan di Yaumul Akhir.
Dengan ini kami panitia Qurban Idul Adha 1439 H Masjid Al-Hidayah Melikan mengajukan permohonan hewan qurban kepada Yth. Bapak/Ibu donatur. Adapun proposal permohonan terlampir.
Besar harapan kami Bapak/Ibu mengabulkan permohonan ini. Atas bantuan yang Bapak/Ibu berikan kami sampaikan terimakasih. Semoga Allah SWT membalas amal kebaikan Bapak/Ibu sekalian.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Ketua
Fajarrudin, S.Pd.I.
Melikan,       Agustus 2018
Sekretaris
Yuliana
Mengetahui,
Takmir Masjid Al-Hidayah Melikan
Tugina

PROPOSAL
PERMOHONAN HEWAN QURBAN IDUL ADHA 1439 H
MASJID AL-HIDAYAH MELIKAN
A.   PENDAHULUAN
Assalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh
Hari Idul Adha adalah merupakan puncak dari ibadah haji. Hari ini dirayakan tidak hanya oleh umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah Al-Mukaromah, tetapi juga dirayakan dengan penuh suka cita oleh umat muslim di seluruh dunia. Hari raya ini disebut juga Hari Raya Qurban, dimana pada hari itu bagi setiap hamba-Nya yang mampu dianjurkan untuk menunaikan kewajibannya menyembelih hewan qurban.“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syari’atkan penyembelihan (Qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).”(QS. Al Hajj : 34)”Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni’mat yang banyak, maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan ber-kurban-lah.” (QS. Al Kautsar : 1-2)
Dari dua surat di atas, secara langsung Allah SWT memberikan perintah agama (syari’at) di dalam kitab-Nya yang suci, bahwa kepada kita yang mengaku sebagai ummat-Nya diwajibkan untuk melaksanakan ibadah Penyembelihan Qurban. Sejalan dengan tujuannya, kewajiban ini akan jatuh kepada hamba-hamba-Nya yang telah dilimpahi rezki dan membagi rezki yang Allah berikan dengan saudara-saudara lain yang kurang (dhuafa).
Ibadah Qurban yang diperintahkan kepada ummat Nabi Muhammad SAW adalah ibadah yang mengacu kepada sejarah qurbannya Nabi Ibrahim A.S. Perintah mengorbankan anak yang dicintainya, Nabi Ismail A.S. yang kemudian Allah gantikan dengan seekor Gibas adalah salah satu bukti ketaatan Nabi Ibrahim A.S dalam menjalankan perintah Allah SWT. Oleh karena itu, pelaksanaan ibadah qurban harus diniatkan dalam rangka taat dan menjalankan perintah Allah, sebagaimana ayat-ayat di atas.
Ibadah Qurban juga memiliki keutamaan yaitu pengampunan dan keridhaan dari Allah SWT. Amalan yang paling dicintai Allah pada hari Raya Iedul Adha adalah hewan qurban. Rasulullah SAW bersabda:
“Tidak ada satu amalan yang paling dicintai Allah dari bani Adam ketika hari raya Iedul Adha selain menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) qurban itu.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majjah dan Hakim)
Dusun Melikan merupakan salah satu dusun yang keadaan ekonomi masyarakatnya rata-rata menengah ke bawah. Kesadaran masyarakat untuk berqurban masih rendah. Hal ini di sebabkan oleh kondisi ekonomi yang kurang mampu dan pemahaman agama Islam yang minim. Oleh karena itu kami mohon bantuan kepada Yth. Para donatur untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berqurban dan dalam rangka syiar agama Islam.
B.   TUJUAN KEGIATAN
1.    Meneladani Nabi Ibrahim As.
2.    Menumbuhkan kesadaran dan peran serta ummat Islam dalam upaya mengembangkan kecintaan kepada sesama, dalam perwujudan takwa kepada Allah.
3.    Memperkokoh jalinan silaturahim dalam upaya menopang ukhuwah islamiyah di antara pengurus yayasan Al-Adalah deangan masyarakat muslim.
C.   BENTUK KEGIATAN
1.    Mengumpulkan dana hewan qurban.
2.    Pelaksanaan Sholat Iedul Adha dan penyembelihan hewan qurban.
3.    Mendistribusikan daging qurban ke masyarakat.
4.    Pendokumentasian  hewan qurban dan pelaporan.
D.   WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Waktu       : Tanggal 15-18 Oktober 2018
Tempat     : Masjid Al-Hidayah, Dusun Melikan, Desa Melikan,
  Kec. Rongkop, Gunungkidul
E.   SUSUNAN PANITIA
Penasehat                 : Sumarno (Kepala Dusun)
                                       Tugina (Takmir Masjid)
Ketua                          : Fajarrudin, S.Pd.I.
Sekretaris                   : Yuliana
Bendahara                : Marni
F.    PENUTUP
Dengan penuh tulus ikhlas semata-mata hanya mengharapkan ridho dari Allah SWT, kami mengajak Bapak/Ibu sekalian, kaum muslimin dan muslimat untuk mengambil kesempatan emas ini, yaitu momen Hari Raya Idul Adha, Hari Raya Qurban ini untuk menyisihkan sebagian dari rezki dan nikmat yang telah Allah anugrahkan kepada kita untuk dibagikan kepada saudara-saudara kita yang sangat membutuhkannya di Dusun Melikan.
“Sungguh, tiada balasan bagi kebaikan kecuali hanya kebaikan pula, maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS. Ar-Rahman: 60-61)
Demikian proposal ini kami buat dengan harapan dapat menggugah hati para donatur untuk menyisihkan sebagian infaqnya demi suksesnya kegiatan ini.
Wassalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh
Ketua
Fajarrudin, S.Pd.I.
Melikan,       Agustus 2018
Sekretaris
Yuliana
Mengetahui,
Takmir Masjid Al-Hidayah Melikan
Tugina