Bacaan Doa Ketika Hujan Turun dan Setelah Reda

Kali ini admin share tentang bacaan doa ketika turun hujan dan setelah selesai turun hujan untuk mensyukuri nikmat Allah Swt yang telah menurunkan hujan dan supaya hujan yang diturunkan bermanfaat bagi semua makhluk. Hujan merupakan karunia Allah Swt karena kalau tidak ada hujan, maka alam akan kekeringan sehingga mengakibatkan dampak yang sangat buruk bagi seluruh makhluk hidup. Adapun ketika hujan mengakibatkan banjir, semata-mata itu karena ulah tangan manusia itu sendiri yang mungkin kurang peduli terhadap lingkungan, membuang sampah sembarang dan lain sebagainya. 
Bacaan Doa Ketika Hujan Turun dan Setelah Reda
Ketika sedang turun hujan maka saat itu merupakan waktu mustajab doa, Rasulullah Saw bersabda:

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

“Dua do’a yang tidak akan ditolak: yaitu pertama doa ketika adzan dan kedua doa ketika ketika turunnya hujan.” (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan. Lihat Shohihul Jaami’ no. 3078).

Berikut ini saya sajikan bacaan doa ketika turun hujan dan setelah selesai hujan lengkap dengan bahasa arab tulisan latin dan terjemahannya indonesianya silahkan simak dibawah ini.
- Doa ketika sedang turun hujan

اَللهُمَّ صَيّبًا نَافِعًا

ALLOOHUMMA SHOYYIBAN NAAFI'AN 
Artinya: Ya Allah semoga (hujan yang Engkau turunkan ini) lebat dan membawa manfaat. 

- Doa ketika hujan reda

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ وَرَحْمَتِهِ

MUTHIRNAA BIFADLLILLAAHI WA ROHMATIHI 
Artinya: Kita diberi hujan karena keutamaan dan rahmatNya. 

Demikianlah yang telah saya sampaikan tentang Bacaan Doa Ketika Turun Hujan dan Setelah Selesai Hujan Arab Latin dan Terjemahannya semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan dapat diamalkan ketika hujan datang.