Ketika Hendak Belajar, Baca Doa Ini Insya Allah Cepat Hafal

kali ini admin share tentang bacaan doa sebelum dan sesudah belajar. mencari ilmu merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim laki laki maupun perempuan baik belajar di sekolah, di madrasah, di masjid atau di rumah pun sama saja yang penting belajar disertai dengan gurunya. berdoa merupakan sebuah aktivitas utama dan pertama yang harus dibiasakan baik sebelum belajar maupun setelah belajar harus senantiasa dipanjatkan dalam mengungkapkan puji syukur kehadirat Allah SWT sekaligus memohon keberkahan atas segala aktivitas belajar oleh guru maupun murid serta memohon dianugerahi oleh Allah Swt pemahaman pada semua pelajaran yang telah diterima. Rasululloh Saw bersabda:
Doa Belajar

الدُّعَاءُ مُخُّ الْعِبَادَةِ
Artinya : Doa adalah inti ibadah.

Doa sangat penting bagi kehidupan kita selain sebagai ibadah doa dapat juga menjadi dorongan semangat bagi kita untuk belajar dengan lebih sungguh-sungguh tentunya dalam hal-hal yang diridhoi-Nya dan insya Allah nantinya ilmu yang kita dapat menjadi bermanfaat yang dapat menerangi setiap umat. adapun doanya berikut saya sajikan bacaan doa sebelum dan setelah belajar arab latin dan terjemahannya silahkan simak dibawah ini.

- Doa Sebelum Belajar

يَارَبِّ زِدْنِىْ عِلْمًا وَارْزُقْنِىْ فَهْمًا

YAA ROBBI ZAIDNII'ILMAN WARZUQNII FAHMAN
Artinya : Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman.

اَللهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَ وَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

ALLOOHUMMA AKHRIJNAA MIN DZULUMAATILWAHMI WA AKRIMNAA BINUURIL FAHMI WAFTAH'ALAINAA BIMA'RIFATIKA WASAHHIL LANAA ABWAABA FADL-LIKA YA ARHAMAR ROOHIMIINA
Artinya : Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang.

- Doa Sesudah Belajar

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

ALLOOHUMMA INNII ASTAUDI'UKA MAA 'ALLAMTANIIHI FARDUD-HU ILAYYA 'INDA HAAJATII WA LAA TANSANIIHI YAA ROBBAL 'ALAAMIINA
Artinya : Ya Allah! sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali dan janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu wahai Tuhan seru sekalian alam.

Demikian yang telah saya sampaikan mengenai Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Arab Latin dan Terjemahannya semoga dapat diamalkan oleh para pembaca sehingga dimudahkan oleh Allah Swt dalam mencari ilmunya juga ilmu yang diterima menjadi ilmu yang bermanfaat.