Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara dan Bacaan Doa Sujud Syukur Lengkap

Bacaan Doa dan Tata Cara Sujud Syukur Arab Latin dan Terjemahannya - kali ini admin share bacaan sujud syukur dan tata caranya. Sujud syukur adalah sebuah sujud untuk mengungkapkan rasa syukur atau berterima kasih kepada Allah Swt atas nikmat yang diberikan kepada kita. Sujud tanda terima kasih atas nikmat Allah SWT, Atau terhindar dari marabahaya, Dari Al-Baraa', ia berkata : "Nabi SAW pernah mengutus Khalid bin Walid kepada penduduk Yaman untuk menyeru mereka kepada Islam, tetapi mereka belum mau masuk Islam. Kemudian Nabi SAW mengutus ‘Ali dan memerintahkannya supaya menyusul Khalid. kemudian 'Ali RA menulis surat kepada Rasulullah SAW bahwa orang-orang disana sudah masuk Islam. Maka setelah Rasulullah SAW membaca surat itu, beliau menyungkur sujud." (HR. Baihaqi ).


Berikut ini saya sajikan bacaan doa dan tata cara sujud syukur bahasa arab latin dan terjemahannya silahkan simak dibawah ini.
- Bacaan Doa sujud syukur
Bacaan Pertama

اللهم لك سجدت وبك امنت ولك اسلمت سجد وجهى للذي خلقه وصوره وشق سمعه وبصره بحوله وقوته فتبارك الله احسن الخالقين

Allahuma laka sajadtu abika amantu walaka aslamtu Sajada wajhi lilladzi kholaqohu wa showwarahu wa syaqqo sam’ahu wa bashorohu bi haulihi wa quwwatihi fatabarokallhu ahsanul kholiqina

Bacaan Kedua

سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ اَنْتَ رَبِّي حَقَّا حَقَّا، سَجَدْتُ لَكَ يَارَبِّ تَعَبُّدًا وَرِقًّا اَللَّهُمَّ اِنَّ عَمَلِي ضَعِيْفٌ فَضَاعِفْ لِي. اَللَّهُمَّ قِنِي عَذَابَكَ يَوْمَ تُبْعَثُ عِبَادُكَ وَتُبْ عَلَيَّ اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Artinya : Maha Suci Engkau. Ya Allah, Engkaulah Tuhaku yang sebenarnya, aku sujud kepada-Mu ya Rabbi sebagai pengabdian dan penghambaan. Ya Allah, sungguh amalku lemah, maka lipat gandakan pahalanya bagiku. Ya Allah, selamatkan aku dari siksa-Mu pada hari hamba-hamba-Mu dibangkitkan, terimalah taubatku, sesunguhnya Engkau Maha Menerima taubat dan Maha Penyayang.

Bacaan Ketiga
Robbi auzi’nii an asykuro ni’matakallatii an’amta ‘alayya wa’alaa waalidayya wa-an a’mala shoolihan tardhoohu wa adkhilnii birohmatika fii ‘ibaadikash shoolihiin.
Artinya: Ya Allah, berilah aku ilham untuk mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku, dan kepada kedua orangtuaku, dan untuk mengerjakan amal shaleh yang Engkau ridhai, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh.

- Tata Cara Sujud Syukur

1. Menghadap Kiblat

2. Takbiratul Ihram

3. Sujud

4. Duduk Istirahat

5. Salam

Demikianlah yang telah saya sampaikan tentang Bacaan Doa dan Tata Cara Sujud Syukur Arab Latin dan Artinya semoga dapat menambah wawasan bagi para pembaca dan semoga kita semua menjadi hamba Allah yang pandai bersyukur.
Advertisement

Berlangganan via Email