Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Membaca Al Quran

Kali ini admin share tentang bacaan doa sebelum dan sesudah membaca Al Quran yang menurut saya sangat baik untuk dibaca mengingat betapa banyaknya keutamaan membaca Al Quran. Al Quran merupakan bagian dari salah satu Rukun Iman yaitu iman kepada kitab-kitab Allah. Karena merupakan kitab suci yang sangat agung dan mulia. Rasulullah SAW bersabda; "Bacalah olehmu Alquran, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafa'at pada hari kiamat bagi para pembacanya (penghafalnya)" dan masih banyak lagi hikmah dan keutamaan membaca Al-Qur'an. Tentunya kita semua ingin mendapatkan syafa'at tersebut di yaumil kiamah nanti. Maka dari itu, marilah kita sering-sering membaca kitab suci Al-Qur'an setiap hari. sebelum membaca Al-Qur'an diwajibkan untuk mensucikan diri dari hadats. Selain itu, juga dianjurkan untuk berdoa sebelum dan sesudah membaca Kitab Suci Al-Qur'an. berikut saya sajikan bacaan doa sebelum dan sesudah membaca Al Quran Arab Latin dan Terjemahannya silahkan simak dibawah ini.
Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Membaca Al Quran
- Doa Sebelum Membaca Al Quran

اَللَّهُمَّ بِا لْحَقِّ اَنْزَلْتَهُ وَبِالْحَقِّ نَزَلَ .اَللَّهُمَّ عَظِّمْ رَغْبَتِى فِيهِ .وَاجْعَلْهُ نُورًا لِبَصَرِى. وَ شِفَاءً لِصَدْرِى .اَللَّهُمَّ زَيِّنْ بِهِ لِسَانِى. وَجَمِّلْ بِهِ وَجْهِى. وَقَوِّ بِهِ جَسَدِى .وَارْزُقْنِى تِلاَوَتَهُ عَلَى طَاعَتِكَ. آَنَاءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارِ. وَاحْشُرْنِى مَعَ انَّبِىِّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ آلِهِ اْلأَ خْيَارِ.

ALLAHUMMA BİL HAQQİ ANZALTAHU WABİL HAQQİ NAZAL. ALLAHUMMA 'AZZİM ROGBATİ FİİHİ WAJ'ALHU NUURON Lİ BASORİ, WA SYİFAA-AN LİSODRİİ. ALLAHUMMA ZAYYİN BİHİİ LİSAANİİ, WA JAMMİL BİHİİ WAJHİİ, WA QOWWİ BİHİİ JASADİİ, WARZUQNİİ TİLAA WA TAHUU 'ALAA TOO'ATİK, AANAA ALLAYLİ WA ATROO FANNAHAAR. WAHSYURNİİ MA'AN NABİYYİ MUHAMMADİN SHOLLALLAHU TA'AALA 'ALAYHİ WASALLAMA WA AALİHİİL AKHYAAR.

Artinya : Yaa Allah dengan Hak-Mu, Engkau menurunkan Al-quran, dengan Kebenaran (Hak-Mu) pula Al-quran turun. "Yaa Allah, dengan Al-quran, Besarkanlah semangatku, jadikanlah Al-quran sebagai cahaya untuk penglihatanku dan obat untuk hatiku. "Yaa Allah, Hiasilah lisanku dengan Al-quran, dengan Al-quran indahkanlah wajahku, dengan Al-quran kuatkanlah jasadku, karuniakanlah bacaan ini atas taat kepadamu sepanjang malam dan siang. Dan kumpulkanlah aku bersama Nabi Muhammad SAW dan para keluarganya yang terpilih.

- Doa Setelah Membaca Al Quran

اَللهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَه آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ.

ALLAAHUMMARHAMNII BIL QUR'AANI. WAJ'ALHU LII IMAAMAN WA NUURAN WA HUDAN WA ROHMAH. ALLAAHUMMA DZAKKIRNII MINHU MAA NASIITU WA 'ALLIMNII MINHU MAA JAHILTU. WARZUQNII TILAA WATAHU AANAA-AL LAILI WA ATHROOFAN NAHAAR. WAJ'ALHU LII HUJJATAN YAA RABBAL 'AALAMIINA.
 
Artinya : Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Quran yang agung, jadikanlah ia bagiku ikutan cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam.

Demikianlah yang telah saya sampaikan tentang Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Membaca Al Quran Arab Latin dan Artinya semoga dapat diamalkan oleh para pembaca agar hidup kita semakin barokah dengan Al Quran.