Bacaan Niat Puasa Sunnah Hari Senin dan Hari Kamis

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Arab Latin dan Terjemahannya - Kali ini saya postingkan bacaan niat puasa senin kamis yang sunah untuk dilakukan umat islam, sebenarnya niat ini diungkapkan dalam hati saja tapi menurut sebagian ulama bahwa jika diungkapkan dengan lisan makan akan membantu kemantapan hati dalam berniat. Ada alasan tertentu mengapa pada hari seni dan kamis di sunnahkan untuk berpuasa, yakni karena pada seninnya merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad saw. sebagaimana sabda beliau dari Abu Qotadah Al Anshori ra. meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanyai mengenai puasa beliau pada hari Senin, lantas beliau pun menjawab Hari tersebut (senin) adalah hari dimana aku dilahirkan, dan hari dimana aku diutus (oleh Allah swt.) atau diturunkannya wahyu untukku. (HR. Muslim) dan pada kamis-nya merupakan hari dimana amal-amal seorang hamba selama seminggu dilaporkan ke langit sehingga jika ia berpuasa pada hari tersebut akan semakin afdhol dan memperberat timbangan amalnya. Dalam hadits disebutkan: “… dua hari tersebut (senin dan kamis) adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku (Nabi) sangat suka ketika amalan-amalanku dihadapkan (kepada Allah) sedang aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. An Nasai no. 2360 dan Ahmad 5: 201. sanad dari hadits ini hasan). hari senin dan hari kamis merupakan hari yang di dalamnya memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri. Diantaranya yaitu, segala amal perbuatan manusia pada hari senin dan kamis di periksa oleh malaikat. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW "Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).


Untuk niat puasa hari senin dan puasa hari kamis sangat mudah. berikut ini saya sajikan bacaan doa niat puasa sunah senin kamis adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA
Artinya : Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.

Bacaan Arab Niat Puasa Sunah Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA
Artinya : Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

Bacaan Doa Buka Puasa Senin Kamis

اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

ALLAHUMMA LAKA SHUMTU WA ‘ALAA RIZKQIKA AFTHARTU, DZAHABAZH ZHOMA-U WABTALLATIL ‘URUUQU WATSABATAL AJRU, INSYA ALLAH”.
Ya Allah hanya untuk-Mu aku berpuasa dan dengan reski-Mu aku berbuka. Telah sirna dahaga, urat-urat telah basah dan pahala telah tetap insya Allah Ta’ala”.

Demikianlah yang telah saya sampaikan mengenai bacaan niat puasa sunah senin kamis arab latin dan artinya semoga dapat bermanfaat dan dapat diamalkan sehingga tubuh kita sehat karena pencernaan kita teratur juga pahala kita banyak dan amal kita diterima oleh Allah SWT.