Bacaan Niat Sholat Jum'at Makmum / Imam

Kali ini admin share bacaan niat sholat jum'at bagi kaum laki laki muslim. Shalat jum'at adalah shalat yang dilaksanakan pada hari jum'at sebagai pengganti shalat dzuhur secara berjamaan dengan minimal 40 jama'ah. Adapun hukum melaksanakan shalat jum'at merupakan kewajiban bagi setiap muslim laki-laki yang sudah baligh dan berakal, sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur'an dan Al-Hadits. Allah Swt Berfirman yang artinya "Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui". (Al Jumu'ah 62:9).


hukum membaca bacaan niat shalat adalah sunat. Sedangkan untuk niat yang menjadi rukun shalat yaitu letaknya di dalam hati kita masing masing. Keutamaan Shalat jum’at antara lain Neraka Jahanam selalu menyala dan berkorbar apinya setiap hari dalam sepekan kecuali pada hari Jumat, Menghapus segala dosa mereka yang diam ketika imam Berkhutbah dan Mengerjakan Shalat Jum’at, Akan mendapatkan Pahala Puasa dan Shalat Setahun di setiap Langkah orang yg berjalan mengerjakan Shalat Jumat dan Orang yg meninggal pada hari Jum’at atau malamnya merupakan tanda Husnul Khotimah. Adapun untuk bacaan niat sholat jum'at arab latin dan artinya saya sajikan dibawah ini.

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta'aala.

Artinya : Aku niat melakukan shalat jum'at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi mamum, karena Allah ta'ala.

Bacaan niat sholat jum'at diatas adalah khusus untuk yang menjadi makmum. Adapun jika Anda menjadi imam, maka bacaan ma'muuman diganti menjadi imaaman. Lafadz niat sholat jum'at sebagai imam selengkapnya adalah sebagai berikut:

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً اِمَامًا لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an imaaman lillaahi ta'aala.

Artinya : Aku niat melakukan shalat jum'at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi imam, karena Allah ta'ala.

Demikianlah yang telah saya sampaikan tentang Bacaan Niat Sholat Jum'at Arab Latin dan Artinya semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan islam tentang sholat jum'at yang merupakan kewajiban bagi muslim laki laki sebagai pengganti sholat dzuhur.