Doa Ketika Bersin dan Mendengar Orang Lain Bersin

kali ini admin share tentang bacaan doa ketika bersin dan mendengar orang lain bersin yang merupakan salah satu nikmat yang diberikan Allah pada kita. Ada beberapa etika yang harus kita lakukan saat hendak bersin yaitu mengarahkan tangan kanan ke depan lubang hidung, serta mengalihkan pandangan kita membelakai orang lain (Jika dalam keadaan ramai atau sedang berkumpul). Hal ini dilakukan agar supaya (ingus) yang dikeluarkan saat bersin tidak menyebar kemana-mana, apalagi terkena orang-orang yang berada disekeliling kita. Untuk itu, alangkah baiknya apabila kita selalu menyediakan tisu dalam kantong celana, terlebih jika sedang terserang pilek dan flu. dan etika yang wajib dilakukan saat bersin yaitu membaca doa untuk orang yang bersin dan yang mendengar bersin.
Doa Ketika Bersin dan Mendengar Orang Lain Bersin
Islam adalah agama yang sangat sempurna, sampai-sampai dalam urusan bersin pun telah dijelaskan di dalamnya. Rasulullah telah mengajarkan adab tersebut dan diikuti pula oleh para sahabatnya. Namun, sangat disayangkan bahwa sebagian kaum muslimin pada saat ini tidak memperhatikan adab tersebut yang justru malah sebaliknya. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “ Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap, maka apabila ia bersin, hendaklah ia memuji Allah dengan mengucapkan Alhamdulillah. Dan kewajiban bagi yang mendengar untuk mendo’akannya. Adapun menguap, maka ia berasal dari syaiton, hendaklah setiap muslim berusaha untuk menolaknya sebisa mungkin, dan apabila mengeluarkan suara “ha”, maka pada saat itu syaiton menertawakannya.” (HR Bukhari)
Berikut ini saya sajikan bacaan doa ketika bersin dan doa mendengar orang bersin arab latin dan terjemahannya silahkan simak dibawah ini.

- Doa Ketika Bersin

اَلْحَمْدُ ِللهِ

AL-HAMDU LILLAAHI
Artinya : Segala Puji Bagi Allah

- Doa Mendengar Orang Bersin

يَرْحَمُكَ اللهُ

YARHAMUKALLOOHU
Artinya : Semoga Allah memberi rahmat kepadamu

kemudian jika orang yang mendengar bersin tadi mengucapkan doa itu, maka orang yang bersin hendaknya mendoakan kembali dengan doa ini.

يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيَصْلِحُ بَالَكُمً

YAHDIIKUMUL LOOHU WA YASLIHU BALAKUM
Artinya : Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan membaguskan keadaanmu

Demikianlah yang telah saya sampaikan tentang Bacaan Doa ketika Bersin dan Mendengar Orang Bersin Arab Latin dan Artinya semoga dapat bermanfaat menambah wawasan bagi para pembaca semuanya dan dapat diamalkan dalam kehidupan sehingga saat kita bersin pun terjadi hubungan silaturrahim dengan yang mendengar bersin kita dengan saling mendoakan.