Doa Sebelum dan Sesudah Makan dan Ketika Lupa Membacanya

Kali ini admin share bacaan doa sebelum makan dan doa setelah makan dan minum. Islam mengajarkan setiap umatnya untuk senantiasa berdoa dimanapun, kapanpun, dan apapun itu pasti ada dalilnya. sebagai umat muslim pastinya memiliki adab serta tata cara sendiri sebelum melakukan segala sesuatu, agar setiap apa yang kita laksanakan selalu dalam lindungan Allah SWT dan mendapat berkah serta rahmat-Nya. Begitupun untuk makan, sebelum dan sesudah makan kita diwajibkan untuk mengucapkan doa sebagai tanda syukur pada Allah SWT. Buat sahabat Dunia Internet yang belum hafal doa sebelum dan sesudah makan, dibawah ini saya tuliskan. Dan bisa anda terapkan untuk sehari-hari. Dalam hal makan dan minum terdapat doa-doa yang perlu anda ketahui agar saat kita makan kita terjaga, berkah, dan bermanfaat bagi tubuh kita. Bacaan doa sebelum makan dan doa sesudah makan/minum dapat dikatkaan doa yang pendek tetapi mungkin diantara kita masih banyak yang belum mengamalkan doa sebelum makan dan sesudah makan. 
Doa Sebelum dan Sesudah Makan dan Ketika Lupa Membacanya
Berdasarkan hadis riwayat diterangkan bahwa adab sebelum makan adalah sebagai berikut:

عَنْ عُمَرَ بْنَ أَبِي سَلَمَةَ يَقُولُ كُنْتُ غُلَامًا فِي حَجْرِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَكَانَتْ يَدِي تَطِيشُ فِي الصَّحْفَةِ فَقَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا غُلَامُ سَمِّ اللَّهَ وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ فَمَا زَالَتْ تِلْكَ طِعْمَتِي بَعْدُ

Artinya : Umar bin Abu Salamah berkata; Waktu aku masih kecil dan berada di bawah asuhan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, tanganku bersileweran di nampan saat makan. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Wahai Ghulam, bacalah Bismilllah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu." Maka seperti itulah gaya makanku setelah itu. (HR. Al-Bukhari)

Hadis tersebut menjelaskan bahwa kalau mau makan hendaknya membaca basmalah, dengan menggunakan tangan kanan dan mengambil makanan dari hidangan makanan yang terdekat. dan berikut ini saya sajikan Bacaan Doa Sebelum dan Setelah Makan Arab Latin dan Terjemahannya silahkan simak dibawah ini.

- Doa Sebelum Makan

اَللهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

ALLOOHUMMA BAARIK LANAA FIIMAA RAZAQTANAA WAQINAA 'ADZAA BANNAAR
Artinya : Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

- Doa Setelah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ
 
ALHAMDU LILLAAHIL LADZII ATH'AMANAA WA SAQOONAA WA JA'ALANAA MUSLIMIIN
Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam.

Apabila anda lupa membaca doa sebelum makan, namun anda ingat pada ditengah-tengah saat sedang makan. anda bisa membaca doa berikut ini.

بسم الله أوَّلَهُ وَآخِرَهُ

BISMILLAAHI AWWALAHU WA AAKHIROHU
Artinya : Dengan menyebut asma' Alloh pada permulaan dan akhiran

Demikian yang telah saya sampaikan tentang Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan Arab Latin dan Artinya semoga dapat diamalkan oleh para pembaca semua agar makanan yang masuk kedalam tubuh kita menjadi berkah.