Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harapan Untuk Provinsi Jawa Barat

 Kesejahteraan masyarakat adalah hal yang paling diutamakan dalam suatu pemerintahan. Menurut saya Jawa Barat adalah Provinsi yang kaya. Provinsi yang memiliki banyak sumber daya alam maupun sumber daya manusianya yang jika dimaksimalkan maka akan tercapai target Provinsi Jawa Barat swasembada melalui pengelolaan sumber daya alam yang baik dan tentunya dengan sumber daya manusia yang berkualitas.

Berkaitan dengan hal tersebut, saat ini Provinsi Jawa Barat masih memiliki banyak masalah sosial seperti pendidikan yang tidak merata dan kesenjangan sosial yang dipicu karena adanya kemiskinan dan kurangnya lapangan pekerjaan. Menurut saya ini adalah masalah yang kompleks karena salah satu cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah dengan pendidikan sementara salah satu penghambat pendidikan adalah masalah perekonomian. Sungguh miris menyayat hati, banyak diantara teman saya yang harus rela tidak melanjutkan sekolah karena orang tua yang tidak mampu untuk membiayainya sekolah, padahal tidak sedikit mereka yang rela tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang tinggi adalah mereka yang berprestasi. Mereka memutuskan untuk bekerja membantu perekonomian keluarga karena untuk membuka usaha sendiri membutuhkan modal. Tidak cukup sampai disitu, untuk memperoleh pekerjaan tentunya harus ada lapangan pekerjaan, tapi mereka tidak dapatkan di Provinsi Jawa Barat, akhirnya mereka harus rela merantau, hilang kampung halamannya karena hidup di perantauan. Seandainya ada pekerjaan yang layak untuk mereka, tentunya mereka tidak ingin hidup jauh dari keluarganya.

Selain itu, banyak juga yang saya perhatikan mengenai bantuan-bantuan sosial yang tidak tepat sasaran, hal itu akan memicu terjadinya konflik sosial di masyarakat. Hal ini tentunya harus dibenahi. dan menurut saya bantuan sosial ini harus dikembangkan menjadi bantuan sosial produktif tidak hanya bantuan sosial yang bersifat konsumtif. Maka perlu peran yang besar yang dilakukan oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Harapan saya untuk Provinsi Jawa Barat ke depannya dan ini harapan saya untuk bapak jika bapak kelak menjadi bupati Jawa Barat yaitu:

1.     Provinsi Jawa Barat dengan sumber daya manusia yang berkualitas.

Untuk itu perlu ditingkatkan kualitas sumber daya manusianya baik dengan pendidikan formal maupun non formal. Kualitas pendidikan sangatlah penting karena dengan pendidikan yang berkualitas hard skills maupun soft skills masyarakat akan terbentuk dengan baik sehingga masyarakat menjadi kreatif dan inovatif membuka lapangan pekerjaan sendiri, membangun bisnis, UMKM dan lain-lain. Hal itu bisa mengurangi jumlah pengangguran dan jumlah kemiskinan yang ada di Provinsi Jawa Barat.

Sementara bagi  yang tidak mampu membiayai sekolah, atau bermasalah dalam administrasi sekolah apalagi mereka yang berprestasi dan bercita-cita tinggi, saya mengharapkan dukungan penuh beasiswa dari pemerintah Provinsi untuk mereka.

2.     Provinsi Jawa Barat dengan pemanfaatan sumber daya alam yang maksimal, lestari, dan berdaya saing.

Untuk itu sumber daya alam Jawa Barat harus dikelola dengan  dengan baik, agar warga Provinsi Jawa Barat bisa menikmati sumber daya alam yang ada di daerahnya sendiri secara optimal dengan tetap memperhatikan kepentingan generasi yang akan datang. Juga hasil hasil sumber daya alamnya harus bisa bersaing dengan hasil sumber daya alam dari luar Provinsi Jawa Barat. Hal ini akan sangat menguntungkan pemerintah maupun warga Provinsi Jawa Barat.

3.     Provinsi Jawa Barat dengan bantuan sosial yang tepat sasaran.

Hal ini untuk mengurangi konflik sosial di masyarakat, yang berhak menerima bantuan-bantuan sosial ini saya harapkan adalah  mereka yang benar-benar tidak mampu secara finansial. Apalagi saat ini ditengah-tengah pandemi COVID-19  masyarakat kalangan menengah kebawah bagaikan makan buah simalakama, disamping masyarakat harus diam di rumah, tapi disisi lain di rumah juga butuh makan dan harus tetap mencari uang ke luar rumah.

4.     Jawa Barat dengan bantuan sosial produktif.

Bantuan sosial produktif menurut saya yaitu pemberian bantuan sosial yang dapat membuat para penerimanya menghasilkan sesuatu secara terus menerus, dengan bantuan yang telah diterimanya. Bantuan ini dikembangkan dan digunakan untuk membantu usaha masyarakat, sehingga dengan usaha tersebut masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidupnya secara terus-menerus.

Bukankah sebuah kebahagiaan tersendiri bagi semuanya terutama bagi pemerintah,  jika melihat masyarakat hidup dengan tenang damai dan sejahtera. Semoga Provinsi Jawa Barat lebih maju dengan SDM yang lebih unggul.

Advertisement