Blog Tentang Bacaan Al Qur'an, Doa - Doa, Tata Cara Ibadah, Contoh Surat, Makalah, Skripsi, Proposal, Pidato, Puisi, Kata Mutiara dan Artikel.

Kamis, 18 Juni 2015

Makalah tentang Pendidikan Lingkungan Sosial dan Budaya (Lokal | Nasional | Internasional)

PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dalam realita kehidupan sehari-hari manusia tidak akan lepas dari berbagai masalah, baik masalah yang ada dilingkungan tempat tinggal atau sekitar, dilingkungan nasional dan dilingkungan internasional (global). Masalah yang ada seperti masalah lingkungan, masalah nasional, masalah budaya dan masalah ekonomi. Walaupun begitu banyak masalah yang harus diselesaikan atau dipecahkan dengan berbagai solusi, karena setiap masalah bukan dihindari dan masalah yang terjadi harus terselesaikan dengan baik.
Dalam menyelesaikan masalah kita harus menggunakan berbagai macam alternatif, karena salah satu alternatif belum tentu dapat menyelesaikan masalah yang sama. 
B.     Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu:
1.      Untuk memenuhi salah satu tugas individu mata kuliah Pendidikan Lingkungan Sosial dan Budaya.
2.      Untuk mengetahui masalah yang ada dilingkungan sekitar dan solusinya.
3.      Untuk mengetahui masalah yang ada dilingkungan nasional dan solusinya.
4.      Untuk mengetahui masalah yang ada dilingkungan internasional dan solusinya.
  

BAB II
ISI
A.    Masalah Sosial Dilingkungan Sekitar (Lokal) dan Solusinya
Masalah yang terjadi baik tempat tinggal, kota atau provinsi termasuk masalah lokal. Masalah-masalah yang ada harus segera ditangani atau diselesaikan dengan baik. Seperti masalah yang ada dilingkungan  tempat tinggal penulis adalah masalah sosial tentang penyalahgunaan narkoba. Tempat tinggal penulis walau berada di desa tetapi banyak generasi muda yang tidak baik, karena akibat dari pergaulan. Para generasi muda walaupun banyak lulusan SMA tetapi mereka bekerja di luar daerah, seperti Jakarta, Bandung dan Kota yang lainnya, Padahal di daerah sekitar banyak yang membuka usaha lapangan pekerjaan seperti konveksi. 
Para generasi muda yang memilih bekerja di luar daerah tempat tinggalnya, padahal belum tentu di luar daerah dapat pekerjaan yang lebih baik. Pada bulan Februari di tempat tinggal penulis ada pemuda (generasi muda) yang bekerja di Bandung dan pemuda itu karena jauh dari perhatian orang tua pemuda itu terlibat penyakit narkoba, dan pulang ke tempat tinggal dalam keadaan sakit keras, dan pemuda itu sampai dirawat di RSU selama tida minggu. Dan ada juga nyawa yang tidak terselamatkan karena penyalahgunaan narkoba.
Untuk mengatasi masalah yang terjadi seperti yang di atas, kita harus saling mengingatkan dan kegiatan-kegiatan yang ada dilingkungan harus banyak kegiatan tentang  keagamaan, para orang tua harus lebih perhatian kepada anak-anaknya agar masalah sosial yang diakibatkan oleh penyalahgunaan narkoba tidak terjadi pada anaknya.
     
B.     Masalah Sosial Dilingkungan Nasional dan Solusinya
Masalah-masalah yang terjadi dalam kehidupan begitu kompleks baik masalah lingkungan, masalah sosial, masalah budaya, dan masalah yang lainnya. Masalah nasional adalah masalah yang terjadi di negara kita, misalnya masalah penyalahgunaan narkoba. Saat ini Indonesia menghadapi epidemi ganda yaitu narkoba dan HIV AIDS sekaligus. Kata Mendiknas hal ini terjadi karena penyalahgunaan narkoba dengan menggunakan jarum suntik yang menyebabkan kenaikan jumlah pengidap HIV AIDS secara pesat. Kedua masalah ini bukan semata-mata masalah kesehatan karena menimbulkan implikasi sosial dan ekonomi yang sungguh-sungguh serius.
Berdasarkan hasil penelitian  Mendiknas penyalahgunaan narkoba pasa siswa SMP, SMA dan SMK yang dilakukan melalui tes urin di tiga kota yaitu DKI Jakarta, Bandung dan Denpasar yang dilakukan oleh Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani Depdiknas bekerjasama dengan Pusat Laboratorium  Terapi dan Rehabilitasi BNN pada tahun 2006 menunjukkan bahwa dari sampel sebanyak 1.155 siswa terdapat 10 orang (1,6%) diantaranya adalah penyalahguna narkoba. Kepala Pelaksana Harian BNN, Made Mangku Pastika menyebutkan berdasarkan data dan fakta terkait penyalahgunaan narkoba secara nasional dari Direktorat IV narkoba tentang kasus tindak pidana narkoba di Indonesia sampai Juni 2003 angka kasus tindak pidana narkoba mencapai 33.695 kasus dalam waktu enam bulan.
Untuk mengatasi masalah penyalahgunaan narkoba Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bambang Sudibyo meluncurkan program kampanye anti narkoba  pada Kamis (14/02/2008) di Balai Kartini, Jakarta. Bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN). Dengan program ini akan memberdayakan sejumlah unit kesehatan sekolah (UKS) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) disepuluh  provinsi  di Indonesia guna mewujudkan  target Indonesia bebas narkoba  pada tahun 2015. Pada Program Anti Drugs Campaign 2008 Goes to School and Campus dengan tema “Sobat Anti Madat” Inti kegiatan kampanye anti narkoba ini adalah menyebarluaskan informasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan peredaran gelap narkoba melalui kegiatan UKS dilingkungan sekolah dan UKM dilingkungan kampus.
   
C.    Masalah Sosial Dilingkungan Internasional (Global) dan Solusinya
Masalah-masalah yang terjadi di negara lain adalah masalah internasional. Masalah itu seperti masalah teorisme yang bermukim di Swedia dan tindak terorisme serta pidana lain di Indonesia yang oleh pihak berwenang Indonesia dianggap menjadi tanggung jawab GAM. Kegiatan-kegiatan melanggar hukum yang dilakukan oleh beberapa orang pemimpin gerakan separatis GAM yang bermukim di Swedia, yang beberapa diantaranya sudah menjadi warga negara Swedia.
Swedia mendukung dan sudah sejak lama mendukung integritas teritorial Indonesia dan dengan sendirinya tidak mendukung kemerdekaan Aceh atau upaya apapun untuk merongrong kedaulatan Indonesia. GAM tidak mendapat pengakuan status resmi di swedia dan juga tidak mendapatkan dukungan apapun dari pemerintah Swedia. Menanggapi permintaan eksplisit Pemerintah Indonesia dalam beberapa kesempatan, swedia telah mengadakan kontrak dengan GAM. Pemerintah swedia telah menggaris bawahi dukungannya terhadap integratis teritorial RI.
Untuk mengatasi masalah yang telah dijelaskan di atas Swedia dan Indonesia banyak berbagi pandangan mengenai masalah Internasional yang penting misalnya perlu pendekatan multilateral pada masalah-masalah internasional dengan peran kuat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), mengadakan perjanjian perdagangan yang adil dan berimbang di putaran WTO, dan mengupayakan kerjasama yang lebih erat, yang akan memperluas dan memperdalam hubungan antara kedua negara.
    
             
BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dalam kehidupan begitu banyak masalah yang dihadapi oleh manusia baik masalah dilingkungan lokal, lingkungan nasional dan lingkungan internasional,
Masalah sosial dilingkungan lokal misalnya kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba dan masalah yang lainnya. Masalah sosial dilingkungan nasional misalnya korupsi, penyalahgunaan narkoba, dan yang lainnya. Masalah sosial dilingkungan internasional, masalah yang terjadi dengan negara lain, contoh masalah internasional adalah masalah terorisme yang ada di Swedia.

B.     Saran
Dalam menghadapi masalah-masalah, baik masalah yang rumit atau yang tidak rumit kita harus selesaikan dengan baik, karena setiap masalah bukan untuk dihindari.

DAFTAR PUSTAKA
Effendi Ridwan, Malihah Elly. 2007. Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi. Bandung: CV. Yasindo Multi Aspek.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top