Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Banyak orang tidak tahu! Inilah Tips Diet Sehat Alami Murah dan Mudah Didapatkan

Cara Menurunkan Berat Badan Sehat Alami - Sahabat Sejuta Warna, kalian yang mempunyai tubuh ideal tentunya ingin menjaga tubuh tersebut agar tetap ideal dan tetap sehat. Dan bagi kalian yang mempunyai kelebihan berat badan pasti ingin diet dengan cara yang sehat dan tentunya tidak membahayakan tubuh. Lemak di tubuh pada dasarnya adalah karena input kalori lebih besar daripada output kalori yang dikeluarkan dan pada akhirnya lemak itulah yang membuat perut buncit.
Cara diet sehat alami
Berat badan ideal bisa ditentukan melalui pemeriksaan indeks massa tubuh (IMT). Indeks massa tubuh adalah metrik standar yang digunakan untuk menentukan siapa saja yang masuk dalam golongan berat badan sehat dan tidak sehat. Indeks massa tubuh alias BMI membandingkan berat badan Anda dengan tinggi badan Anda, dihitung dengan membagi berat badan dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter kuadrat. 
Misalnya, Anda memiliki berat badan 95 kilogram dan tinggi 1,65 m (165 centimeter). kalikan tinggi badan dalam kuadrat: 1,65 x 1,65 = 2,723. Selanjutnya, bagi angkat berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan: 95/2,723 = 34. Terakhir, bandingkan angka BMI Anda (34) dengan kategori berat badan yang tercantum di bawah ini: 
Di bawah 18,5 = Berat badan kurang 
18,5 – 22,9 = Berat badan normal 
23 – 29,9 = Berat badan berlebih (kecenderungan obesitas) 
30 ke atas = obesitas 
Dengan begitu, angka BMI alias indeks massa tubuh Anda menyatakan bahwa Anda obesitas. 
Salah satu diet yang sehat adalah dengan cara alami atau tradisional. Sangat mudah kok untuk menerapkan diet sehat secara alami. Disini saya akan kasih bocoran yang bisa membuat obat-obat diet yang harganya cenderung mahal tidak lagi anda lirik, cukup dengan bahan-bahan alami. Kalian juga diuntungkan karena di Indonesia bahan-bahan alami sangat mudah didapatkan. 
Keuntungannya : 
1. Murah 
2. Mudah didapatkan 
3. Cepat mendapatkan hasil yang maksimal 
Berikut tips diet sehat atau bisa digunakan agar badan kalian tetap ideal. Monggo silahkan disimak kakak-kakak, mas-mas, mbak-mbak, bapak ibu saudara sekalian :D 
1. Konsumsi beras pecah kulit
Salah satu cara alami menurunkan berat badan adalah dengan mengganti beras putih anda dengan beras coklat, beras merah, atau campuran kedua jenis beras tersebut (multi grain rice). Beras jenis ini kaya akan serat dan karbohidrat kompleks yang dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak di tubuh.
Selain itu, beras coklat dan beras merah juga mengandung kalori yang lebih rendah dibandingkan beras putih putih. beras jenis ini merupakan pilihan yang lebih baik untuk dikonsumsi. 

2. Konsumsi jahe
Jahe merupakan salah satu bahan tradisional yang seringkali digunakan untuk memasak, sangat mudah untuk mendapatkannya. Cara manjur diet dengan jahe Minum air jahe hangat 2-4 cangkir sehari, maka hal tersebut mampu meningkatkan pembakaran lemak.
Begini lho caranya: 
Bahan: 
1. 2 siung jahe, bisa jahe putih atau jahe merah terserah saja asalkan jahe. Kemudian bakar sebentar. 
2. Teh hijau atau teh hitam celup yang penting teh. 
3. Gula merah secukupnya,bisa gula aren atau gula kelapa boleh juga diganti dengan madu. 
4. Lemon, diiris saja 
Cara membuat: 
1. Seduh teh dengan air panas 
2. tambahkan irisan jahe 
3. tambahkan juga irisan lemon, 
4. dan beri gula merah atau madu secukupnya. 
5. Minum selagi hangat. 
Minumlah secangkir teh jahe pada saat sebelum atau sesudah makan secara rutin. 

3. Minum teh
Teh memang mengandung kafein dan katekin yaitu antioksidan alami yang dikatakan dapat meningkatkan pengeluaran energi dan membakar lemak. Teh adalah minuman yang amat sehat karena mengandung antioksidan dan mineral yang cukup tinggi. Banyak studi yang menunjukkan bahwa konsumsi teh, baik teh teh hitam atau teh hijau, dapat meningkatkan pembakaran lemak dan menurunkan berat badan. 
Caranya cukup tuangan air teh dalam gelas kemudian minum. Gitu doang ko repot ya wkwk. Minum teh sebagai cara alami menurunkan berat badan ini akan lebih efektif jika disertai dengan olahraga rutin tentunya. 

4. Minum air jeruk nipis
Jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung kalium, magnesium, kalsium, dan beragam vitamin. Selain menyegarkan, air jeruk nipis juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan . 
Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis diketahui dapat meningkatkan metabolisme dan membuat tubuh membakar lebih banyak kalori, sehingga berat badan bisa lebih terjaga. 
Cara penyajian diet jeruk nipis untuk menurunkan berat badan 
1. Gunakan air hangat 
2. Tak perlu menambahkan gula 
3. Campur dengan jahe 
4. Gunakan sebagai topping 
5. Infused lime water 

5. Konsumsi madu
Sebuah penelitian menemukan bahwa mengganti sukrosa dengan madu dapat membantu mencegah penambahan berat badan. Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa madu dapat mengaktifkan hormon yang mampu menekan nafsu makan. Kendati demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait manfaat dan efektivitas madu untuk menurunkan berat badan.
Berikut cara menggunakan madu untuk menurunkan berat badan: 
1. Madu untuk masakan 
2. Oleskan ke roti 
3. Tambahkan ke susu 
4. Madu dan air hangat 
5. Teh lemon madu 
6. Oatmeal dan madu 
7. Kayu manis dan madu 
Kemudian berubahlah, ubah pola hidup sehari-hari menjadi lebih sehat lagi. Berikut ini tipsnya yang efektif dan aman: 
1. Membiasakan diri untuk sarapan pagi 
Sarapan pagi bisa membuat tubuh Anda lebih berenergi dan membantu menekan nafsu makan. Saat sarapan tentunya harus dengan makanan yang sehat seperti sereal gandum dengan buah dan susu rendah lemak atau yoghurt, untuk mencukupi kebutuhan gizi Anda di pagi 

2. Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran 
Buah dan sayuran memiliki kandungan nutrisi dan serat yang melimpah, sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sekaligus membuat Anda kenyang lebih lama. 

3. Mengurangi porsi makanan 
Cobalah untuk mengurangi porsi makan dan tingkatkan frekuensinya. Karena lebih baik makan sedikit-sedikit tapi sering daripada makan sekali sekaligus banyak. Tapi jangan keseringan juga keleusss.. haha 

4. Menambah asupan protein 
Protein adalah salah satu jenis nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Tak hanya menyehatkan, makanan kaya protein juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan 

5. Menghindari makanan olahan 
Terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan bisa membuat tubuh mengalami peningkatan berat badan. Karena makanan olahan mengandung gula tambahan, lemak, kalori, dan garam yang tinggi. 

6. Memperbanyak minum 
Memperbanyak minum juga dapat menurunkan berat badan. Selain itu, minum sebelum makan juga bisa membuat Anda merasa kenyang dan membatasi asupan makanan yang akan Anda konsumsi. 

7. Berolahraga secara rutin 
Olahraga dapat membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga dapat menurunkan berat badan. Tak hanya itu, olahraga secara rutin juga dapat mempertahankan dan meningkatkan massa otot tubuh. Luangkan waktu Anda 
Jika Anda merasa kesulitan untuk menurunkan berat badan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gizi agar dokter dapat menentukan cara yang tepat menurunkan berat badan sesuai kondisi Anda. Demikianlah tips dan cara diet sehat alami yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi sahabat semuanya. thanks

Advertisement